05 December 2020, 07:12 WIB

Bos Mercedes Sebut Kondisi Hamilton tidak Baik


Basuki Eka Purnama | Olahraga

JAWARA Formula 1 Lewis Hamilton, yang didiagnosa positif covid-19, pekan lalu, dalam kondisi tidak baik dan terancam absen di balapan pamungkas musim, GP Abu Dhabi. Hal itu diungkapkan bos Mercedes Toto Wolff, Jumat (4/12).

Juara tujuh kali Formula 1 itu memenangkan GP Bahrain, pekan lalu, namun absen di GP Sakhir, Minggu (6/12), setelah mengalami gejala covid-19 pada Senin (30/11).

Pembalap berusia 35 tahun itu kini melakukan isolasi mandiri selama 10 hari sesuai protokol kesehatan yang berlaku.

Baca juga: Hamilton Covid-19, Negosiasi Kontrak dengan Mercedes Tertunda

"Kondisinya tidak baik," ujar Wolff setelah pengganti Hamilton, George Russell, tampil apik di sesi latihan bebas.

"Anda tidak bisa meremehkan covid-19. Saya bisa memastikan dia mendapatkan perawatan terbaik. Itu yang terpenting," imbuhnya.

Berbicara kepada Sky Sports F1, Wolff menyebut Hamilton masih mengalami gejala ringan covid-19 dan measa frustasi karena harus absen di laga Formula 1 untuk pertama kalinya sejak melakukan debut pada 2007.

"Seperti yang bisa Anda bayangkan, pembalap tidak bisa bertanding, ditambah covid-19. Saya yakin dia lebih memilih berada di sini," kata Wolff sembari menunjuk garasi tim Mercedes.

Ketika Hamilton menyelesaikan 10 hari masa karantina, dia harus menjalani tes covid-19 pada Rabu (9/12) dan Kamis (10/12) untuk memastikan dirinya telah negatif sebelum bisa ambil bagian di GP Abu Dhabi.

Jika dia masih dinyatakan positif covid-19, Russell akan kembali menggantikan posisi Hamilton setelah dia tampil gemilang di sesi latihan bebas GP Sakhir dengan mengalahkan Valtteri Bottas dengan selisih 0,3 detik.

"Russell menunjukkan performa apik seperti yang kami harapkan. Namun, sulit menjadikan sesi latihan bebas sebagai ukuran karena mobil Valtterri rusak di awal sesi sehingga dia kesulitan mengerem," pungkas Wolff.

Hamilton menjadi pembalap Formula 1 ketiga yang absen karena covid-19 setelah duet pembalap Racing Point Sergio Perez dan Lance Stroll. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT