04 December 2020, 09:39 WIB

Alonso Dijadwalkan Ikut Sesi Tes Akhir Musim F1 di Abu Dhabi


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

PEMBALAP Formula Satu (F1) Fernando Alonso dijadwalkan mengendarai mobil Renault 2020 pada sesi tes resmi usai balapan terakhir musim ini di Abu Dhabi, menyusul dispensasi yang diberikan FIA dan F1.

Biasanya, sesi tes akhir musim itu hanya diperuntukkan bagi para pembalap muda saja. Namun, untuk memberikan kesempatan kepada Alonso menjajal mobil F1 di musim yang sangat sedikit jatah hari untuk pengujian akibat pandemi covid-19, FIA dan F1 mengizinkan.

Turunnya Alonso pada sebagai pembalap penguji, dinilai Renault sebagai kesempatan bagi pembalap senior itu untuk menjajal mobil mereka menjelang kembalinya pembalap asal Spanyol itu ke F1 pada 2021.

Baca juga: Kembali ke Paddock, Grosjean Bertemu Para Penyelamatnya

"Kami ingin berterima kasih kepada FIA dan F1 atas persetujuan mereka terhadap tes kami," ucap Kepala Tim Renault Cyril Abiteboul, dilansir motorsport, Jumat (4/12).

Adapun, dalam melakukan balapan uji coba, Alonso akan ditemani test driver Renault Guanyu Zhou.

"Bagi Fernando, ini akan menjadi langkah selanjutnya dalam kembalinya dia di F1. Dia telah bekerja tidak kenal lelah untuk memastikan kesiapannya untuk musim 2021," ujar Abiteboul.

"Dia sangat ingin berkontribusi, tidak hanya kepada tim, tapi juga kepada para penggemar dan olahraga yang ia rindukan setelah vakum selama dua tahun terakhir," pungkasnya. (Motorsport/OL-1)

BERITA TERKAIT