03 December 2020, 12:13 WIB

Schumacher Mengaku Siap Gantikan Grosjean di GP Abu Dhabi


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

PEMBALAP Mick Schumacher menyebut dirinya siap membalap di balapan pamungkas musim Formula Satu (F1), Grand Prix (GP) Abu Dhabi, Minggu (13/12), jika Tim Haas F1 memintanya menggantikan Romain Grosjean.

Schumacher, sebelumnya, diumumkan akan membalap untuk tim Haas pada kejuaraan F1 musim 2021. Dia telah dikonfirmasi akan membalap pada sesi latihan bebas (FP1) GP Abu Dhabi, Jumat (11/12).

"Saya pikir itu hal yang bagus jika saya diminta melakukan balapan itu, saya akan punya waktu untuk belajar," ucap Schumacher dikutip dari Motorsport, Kamis (3/12).

"Jelas ini akan menjadi tantangan, tapi yang paling penting dalam pikiran saya saat ini adalah saya bisa nengenal mobil balap itu lebih awal agar siap untuk tahun depan," imbuhnya.

Baca juga: Grosjean akan Tampil di GP Abu Dhabi Jika Pulih dari Cedera

Hingga saat ini, tim Haas belum mengumumkan terkait partisipasi Grosjean pada GP Abu Dhabi, menyusul kondisi Grosjean yang masih dalam perawatan setelah kecelakaan hebat pada GP Bahrain pekan lalu.

Menanggapi hal ini, Bos tim Haas Guenther Steiner mengungkapkan pihaknya sejauh ini belum mendiskusikan terkait kemungkinan Schumacher menggantikan Grosjean pada balapan di Abu Dhabi.

"Kami belum mendiskusikannya," jelas Steiner. "Seperti yang saya katakan sebelumnya, saat ini saya masih ingin melihat kondisi Grosjean hingga Senin pekan depan."

"Saya pikir dia (Grosjean) dapat membalap dengan Haas pada balapan di Abu Dhabi dan itulah yang saya inginkan," terangnya.

"Kami tidak akan memutuskan apa pun sebelum kami tahu bahwa Grosjean dipastikan tidak bisa mengemudi," tukasnya.

Alih-alih meminta Schumacher melakukan balapan di Abu Dhabi, Steiner menilai balapan pengujian musim dingin dengan mobil 2021 jauh lebih penting.

"Ada tiga hari pengujian di depan untuk musim depan, saya pikir itu jauh lebih penting. Dan itu hal yang menyenangkan untuk dilakukan," jelasnya.

"Saya pikir hal terbesar yang harus anda pelajari saat membalap di F1 adalah bagaimana mengatasi tekanan pada acara balap. Sementara untuk teknis mobil, tidak banyak yang dapat anda pelajari," tukasnya.

Putra pembalap legendaris Formula satu (F1) Michael Schumacher, Mick Schumacher, telah dikonfirmasi akan membalap untuk tim Haas di kejuaraan F1 musim 2021.

Selain Mick Schumacher, tim Haas juga telah mengumumkan pihaknya merekrut pembalap F2 asal Rusia Nikita Mazepin. Nantinya, Mazepin yang akan menjadi rekan satu tim Schumacher untuk membela Haas di F1 tahun depan. (Motorsport/OL-1)

BERITA TERKAIT