03 December 2020, 11:20 WIB

Rockets Kirim Westbrook ke Wizards untuk Dapatkan Wall


Basuki Eka Purnama | Olahraga

HOUSTON Rockets sepakat mengirimkan point guard Russell Westbrook ke Washington Wizards untuk mendapatkan pemain draft pilihan pertama John Wall. Hal itu diungkapkan Wizards, Rabu (2/12).

Wizards juga menerima draft pilihan pertama dalam pertukaran pemain yang mempertemukan kembali Westbrook dengan mantan pelatih Oklahoma City Thunder Scott Brooks.

Pertukaran itu mengakhiri kiprah Westbrook selama satu musim di Rockets setelah sebelumnya bermain selama 11 tahun bersama Thunder.

Baca juga: NBA Ungkap 48 Pemain Positif Covid-19

Setelah Rockets tersingkir dari playoff NBA pascadikalahkan Los Angeles Lakers, pelatih kepala Mike D'Antoni memutuskan mundur. Adapun Westbrook dan James Harden disebut meminta ditukar.

"Raihan dan prestasi Russell luar biasa. Namun, hasratnya untuk menang adalah hal yang membuat dia menjadi pemain istimewa," ujar Brooks.

"Saat saya senang bisa mendapatkan Russell, saya juga sedih karena berpisah dengan John. Dia adalah salah satu pemain paling tangguh dan berbakat di NBA dan saya berharap dia meraih yang terbaik," lanjutnya.

Wall didatangkan Wizards sebagai pemain draft urutan pertama pada 2010. Dia bermain di 573 laga untuk Wizards dengan raihan rata-rata 19 poin, 9,2 assist, 4,3 rebound, dan 1,7 steal.

Wall bergabung dengan Magic Johnson dan Oscar Robertson sebagai pemain NBA dengan raihan rata-rata minimal 19 poin per pertandingan, 9 assist per pertandingan, dan 4 rebound per pertandingan.

Selama enam musim terakhir, Wall menjadi satu-satunya pemain NBA yang membukukan setidaknya 20 poin per pertandingan dan 10 assist per pertandingan.

Pemain yang telah tampil di lima laga All-Star itu menduduki urutan keenam dalam daftar assist per pertandingan tertinggi sepanjang sejarah NBA.

Adapun Westbrook memiliki raihan 23,2 poin per pertandingan, 8,3 assist, dan 7,1 rebound dalam 878 laga. Dia membukukan 146 triple double, hanya tertinggal dari Oscar Robertson yang memiliki catatan 181 triple double. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT