03 December 2020, 10:42 WIB

Grosjean akan Tampil di GP Abu Dhabi Jika Pulih dari Cedera


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

PEMBALAP Haas Romain Grosjean mengatakan kondisi tangan kirinya yang cedera akibat kecelakaan yang terjadi pada GP Bahrain menjadi penentu apakah ia dapat membalap di GP Abu Dhabi, Minggu (13/12), atau tidak.

Setelah keluar dari rumah sakit di Bahrain, Rabu (2/12) waktu setempat, Grosjean menyebutkan fokusnya selama beberapa hari ke depan adalah pulih dari cedera akibat kecelakaan hebat itu. Dia akan melakukan segala cara untuk menyembuhkan luka bakar di tangannya.

Dijelaskannya, pembengkakan yang terjadi pada tangan kirinya akan menentukan apakah dia cukup fit untuk kembali membalap.

Baca juga: Grosjean Sebut Nyaris Mati Ubah Dirinya

Pembalap asal Swiss itu mengalami kecelakaan hebat saat lap pembuka di GP Bahrain. Kecelakaan itu  membuat dirinya sempat terjebak dalam kobaran api yang membakar mobilnya. Kecelakaan itu juga membuat mobil balap milik tim Haas F1 itu terbelah dua.

"Jika tangan kiri saya tidak dalam kondisi baik pekan depan, saya tidak akan mengambil risiko untuk membalap," ucap Grosjean dilansir dari Motorsport, Kamis (3/12).

"Tapi, saya akan beristirahat sebanyak yang saya bisa dan mengikuti anjuran dokter agar dapat sembuh. Yang paling utama adalah pembengkakkan tangan kiri saya harus dikurangi, karena saat ini kondisinya sangat bengkak. Mungkin ada dampak pada ligamen ibu jari selama kecelakaan terjadi," jelasnya.

Dikatakan Grosjean, selain cedera luka bakar pada tangannya, sisi kiri tubuhnya juga terkena dampak cukup berat akibat dari kecelakaan tersebut.

"Seluruh sisi kiri saya terkena. Pergelangan kaki kiri saya terkilir, lutut kiri saya juga cedera, saya juga memiliki memar di bahu kiri, bokong kiri, dan lengan kiri saya," terangnya.

Pergelangan kaki kiri Grosjean terkilir saat ia mencoba keluar dari mobil, dengan sepatunya yang diketahui terjebak di belakang pedal rem dan lepas saat ia melompat keluar.

"Sejujurnya, saya sama sekali tidak terlalu khawatir dengan kaki kiri saya. Satu-satunya yang cukup saya khawatirkan adalah tangan kiri saya. Aku punya beberapa tahun lagi untuk hidup dengannya, aku tidak boleh mengacaukannya," sebutnya.

"Saya bisa menggerakannya (tangan kiri) dengan banyak cara, saya bisa mengepal tangan saya. Namun saya belum bisa menyentuh jari kelingking tangan kiri saya dengan ibu jari tangan kiri saya," tuturnya.

Grosjean mengungkapkan dia telah berkomunikasi dengan keluarganya usai meninggalkan rumah sakit. Dan mengatakan kepada istrinya bahwa dia akan pergi ke Abu Dhabi sebelum pulang ke rumah.

"Panggilan telpon pertama saya adalah Marion (istrinya) dan saya memberi tahu mereka bahwa saya akan ke Abu Dhabi. Saya telah meminta maaf kepadanya, tapi saya sangat menginginkan itu untuk diri saya," tuturnya.

"Saya perlu tahu apakah saya bisa kembali ke mobil balap dan merasakan seperti apa rasanya dan mengetahui apakah saya masih bisa melakukannya," tukasnya. (Motorsport/OL-1)

BERITA TERKAIT