01 December 2020, 08:43 WIB

Andrew Bogut Putuskan Pensiun


Basuki Eka Purnama, Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

PEBOLA basket Australia Andrew Bogut memutuskan pensiun. Keputusan itu menyebabkan timnas Australia kehilangan pemainnya yang paling berpengalaman menjelang Olimpiade Tokyo, tahun depan.

Bogut, yang menjuarai NBA bersama Golden State Warriors pada 2015, mengumumkan keputusannya itu di podcast Rogues Bogues, Selasa (1/12), dengan alasan meningkatnya jumlah cedera di tubuhnya.

"Keputusan itu tidak mudah. Tapi, saya pikir, itu adalah keputusan yang tepat. Keputusan yang saya buat dan di mana saya akan menandatangani kontrak untuk musim depan sama sekali tidak ada. Saya akan pensiun dari bola basket profesional, efektif segera," kata Bogut.

Baca juga: Kualifikasi Piala FIBA, Indonesia Taklukkan Thailand

Pemain berusia 36 tahun itu berpisah dengan Sydney Kings Mei lalu, beberapa bulan setelah seri final NBL Australia dibatalkan di tengah jalan karena pandemi covid-19.

Center setinggi lebih dari 2 meter itu dipilih Milwaukee Bucks sebagai draft pertama pada kompetisi NBA 2005 dan membantu membuka jalan bagi pebasket Australia untuk masuk ke liga bola basket teratas Amerika Serikat (AS) itu.

Bogut juga tampil di tiga Olimpiade dan menjadi anggota skuat Australia yang finis keempat di Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT