01 December 2020, 03:30 WIB

Halo Selamatkan Nyawa Grosjean


(Rif/Ant/Crash/R-3) | Olahraga

PEMBALAP Haas Romain Grosjean mengaku nyawanya terselamatkan Halo dalam kecelakaan yang membelah dua mobilnya dan nyaris membakarnya hidup-hidup di GP Bahrain, Minggu (29/11).

Pria asal Prancis itu seperti diketahui menabrak pagar pembatas yang terbuat dari besi hingga robek setelah kehilangan kendali, menyusul senggolan dengan mobil Alphatauri Daniil Kvyat di putaran pertama.

Grosjean berhasil keluar dari kobaran api yang melahap kokpit mobilnya, menaiki pagar dibantu para marshal yang sigap memadamkan api di pinggir lintasan.

Juru bicara tim Haas mengatakan Grosjean mengalami luka bakar ringan di tangan dan pergelangan kakinya dan kemungkinan retak tulang rusuk karena kecelakaan itu.

"Apa kabar semuanya, hanya ingin mengatakan saya baik-baik saja," kata Grosjean dalam sebuah video yang diunggah di media sosial.

"Saya tidak (mendukung) penggunaan Halo beberapa tahun lalu, tapi saya rasa ini adalah hal paling hebat yang kita bawa ke Formula 1 dan tanpa itu saya tidak akan bisa bicara kepada kalian hari ini," sambung dia.

Lebih lanjut, bos Haas, Guenther Steiner, mengatakan Grosjean masih menjalani perawatan di rumah sakit. Grosjean mengatakan dia optimistis dapat segera pulih.

Steiner mengatakan Grosjean dapat kembali mengemudi pada balapan seri ke-16, pekan ini, jika kondisinya memungkinkan untuk kembali turun membalap.

"Kami selalu punya rencana, tapi saat ini rencana saya adalah jika dia baik-baik saja untuk kembali balapan pekan depan. Dia bisa melakukannya, tapi kita harus menunggu," tuturnya.

Jika Grosjean harus absen di GP Sakhir, Haas dapat meminta pembalap pengembang Pietro Fittipaldi atau Louis Deletraz untuk menggantikannya. Nico Hulkenberg juga tersedia sebagai opsi cadangan.

Enggan memikirkan pembalap pengganti, Steiner bersikeras bahwa Grosjean akan menjadi pilihan pertama jika cederanya telah sembuh dan mau kembali mengemudi.

"Saya ingin berbicara terlebih dahulu dengan Romain sebelum berspekulasi siapa yang membalap pekan depan jika dia tidak bisa mengemudi," ujar Steiner. (Rif/Ant/Crash/R-3)

BERITA TERKAIT