26 November 2020, 02:10 WIB

Giliran Judo dan Basket Dapat Kucuran Dana Pelatnas


MI | Olahraga

KEMENTERIAN Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) kembali memberikan dana bantuan untuk dua induk organisasi olahraga nasional. Kali ini giliran Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB PJSI) dan Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) yang meneken nota kesepahaman (MoU) untuk menerima dana bantuan itu.

Menpora Zainudin Amali berharap MoU di Kantor Kemenpora, Jakarta, kemarin, bisa bermanfaat bagi tiaptiap cabang olahraga. Menpora mengingatkan kepada setiap induk cabang olahraga untuk bertanggung jawab penuh atas pengelolaan anggaran yang diambil dari biaya negara tersebut.

Deputi IV Bidang Peningkatan dan Prestasi Olahraga Kemenpora Chandra Bhakti menyebutkan dana bantuan tersebut digunakan untuk pelatihan nasional dari tiaptiap cabang olahraga.

Chandra menjelaskan, besaran bantuan yang akan diberikan telah dipastikan melalui proses peninjauan proposal yang diajukan tiaptiap cabang olahraga (cabor) dan kemudian telah di-review tim.

PB PJSI mengusulkan 40 atlet disetujui 20 atlet, pengajuan 10 pelatih disetujui 4 pelatih, dan pengajuan 7 tenaga pendukung disetujui 4 tenaga pendukung. Dari hasil usulan anggaran Rp36,7 miliar, Kemenpora menyetujui dana bantuan sebesar Rp1,2 miliar.

Proposal dari Perbasi disetujui dengan jumlah 12 atlet dan 4 pelatih sesuai pengajuan, tetapi pengajuan 13 tenaga pendukung hanya disetujui 7 orang. Dari usulan anggaran Rp2,04 miliar, dana bantuan telah disetujui sebesar Rp1,8 miliar. 

Sekretaris Jenderal PB PJSI Mayjen TNI (purn) Bachtiar Utomo mengatakan pihaknya berjanji akan mengalokasikan dana dengan sungguhsungguh.

“Kami sudah menyiapkan untuk tempat pelatnas di Ciloto. Di sana ada padepokan yang fasilitasnya cukup memadai,” ucap Bachtiar.

Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih siap mempertanggungjawabkan dana bantuan pelatnas dan akan digunakan dengan sebaik-baiknya. “Saya juga berharap ke depannya kami bisa meningkatkan kerja sama yang baik.” 

Selain untuk pelatnas 2020, dana bantuan dari Kemenpora juga diberikan untuk pembinaan jangka panjang atlet termasuk persiapan SEA Games 2021 Vietnam. (Rif/R-2)
 


 

BERITA TERKAIT