24 November 2020, 11:09 WIB

Raih 11 Gelar Turnamen dalam 1 Musim, Momota Pecahkan Rekor Dunia


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

PEBULU tangkis peringkat satu dunia, Kento Momota berhasil memecahkan rekor dunia dari Guinnes World Records. Bintang bulu tangkis asal Jepang itu dinobatkan sebagai pebulu tangkis tunggal putra yang memenangi turnamen terbanyak dalam satu musim.

Berdasarkan catatan Guinnes World Record, Momota berhasil memenangkan 11 turnamen dalam satu musim tepatnya pada musim 2019.

Pencapaian gemilang Momota itu berhasil menggeser wakil Malaysia Lee Chong Wei yang sebelumnya memegang rekor dengan catatan 10 kemenangan turnamen pada tahun 2010.

"Saya sangat senang disertifikasi sebagai pemegang rekor dunia Guinness," kata Momota dalam akun Instagramnya.

"Ini bukan hanya kekuatan saya, tetapi dukungan dari orang-orang di sekitar saya. Saya akan melakukan yang terbaik untuk bermain bulu tangkis setiap hari sehingga saya bisa memecahkan rekor ini kembali  terima kasih atas dukungan anda yang tiada henti," imbuhnya.

Baca juga:  Persaingan Tetap Ketat walau Momota Absen

Pada musim 2019, perjalanan Momota tak semulus kelihatannya. Ia mengawali musim dengan kekalahan yang mengejutkan di putaran pertama Malaysia Masters, kemudian dikalahkan pebulu tangkis Denmark Anders Antonsen di final Indonesia Masters.

Gelar pertamanya untuk tahun itu datang dari turnamen Jerman Terbuka dilanjutkan dengan merebut gelar All England. Setelah kekalahannya di Malaysia, Momota membuktikan ketangguhannya di wilayah Asia dengan memenangkan gelar kejuaraan bulu tangkis Asia di Wuhan, dan Juga Singapura Terbuka.

Memasuki pertengahan musim pada bulan Juli ia sukses melanjutkan perjalanan memukaunya, deretan gelar termasuk Jepang Terbuka, Kejuaraan Dunia, China Terbuka, Korea Terbuka, Denmark Terbuka, Fuzhou China Terbuka, dan BWF World Tour Finals.(BWF/OL-5)

BERITA TERKAIT