26 October 2020, 06:57 WIB

Sabalenka Juara Ostrava Terbuka


Basuki Eka Purnama |

UNGGULAN ketiga asal Belarus Aryna Sabalenka menjuarai Ostrava Terbuka setelah mengalahkan kompatriotnya Victoria Azarenka, yang tengah menderita migren, Minggu (25/10).

Sabalenka yang berperingkat 12 dunia hanya butuh 1 jam dan delapan menit untuk mengalahkan lawannya yang berperingkat 14 dunia dengan skor 6-2 dan 6-2.

Ini merupakan gelar kedua Sabalenka pada tahun ini setelah sebelumnya dia menjadi juara Qatar Terbuka, Februari lalu.

Baca juga: Final Sesama Petenis Belarus Terjadi di Ostrava Terbuka

"Saya senang dengan pekan ini. Pekan ini sangat mengasyikan dan saya sangat puas dengan hasilnya," ujar Sabalenka.

Laga final all-Belarusian di tur WTA itu menampilkan laga yang sengit dengan kedua petenis menampilkan permainan menyerang.

Sabalenka mengawali laga dengan apik dengan membukukan dua break point di gim pertama. Namun, Azarenka berhasil bangkit dan membuat kedudukan menjadi 2-2.

Namun, Sabalenka menjadi semakin agresif dan mematahkan servis Azarenka sebelum kembali dua kali mematahkan servis rekan senegaranya itu untuk memenangkan set pertama.

"Enam gim pertama sangat berat. Dia bermain apik dan memaksa saya banyak bergerak. Setelah setiap poin, saya merasa capek. Dia benar-benar memaksa saya bekerja keras," ungkap Sabalenka.

Tampil di final WTA yang ke-40, Azarenka memenangkan gim pertama set kedua sebelum kalah dua kali beruntun setelah semakin sulit bergerak karena migren.

Mantan petenis peringkat satu dunia dan finalis Amerika Serikat (AS) Terbuka tahun ini tersebut meminta timeout medis karena sakit kepalanya semakin parah.

"Saya sudah merasa tidak enak sejak kemarin. Migren saya sangat parah," kata Azarenka sembari menambahkan pencahayaan di arena membuat masalah itu semakin parah.

"Tidak melanjutkan pertandingan mungkin lebih baik mengingat kondisi saya. Namun, saya ingin melihat apakah saya mampu bangkit. Itu menjadi tantangan pribadi bagi saya," lanjutnya.

Pada akhirnya, Azarenka tidak mampu menahan gempuran Sabalenka dan kembali menyerah 6-2 di set kedua.

Sebelumnya, Sabalenka juga menjadi juara di nomor ganda. Berpasangan dengan Elise Mertens, Sabalenka mengalahkan duet Gabriela Dabrowski dan Luisa Stefani 6-1 dan 6-3. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT