18 September 2020, 14:50 WIB

Duplantis Ungguli Rekor Dunia Sergey Bubka


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

Pelompat galah asal Swedia Armand Duplantis berhasil mengungguli rekor legenda Ukraina Sergey Bubka yang telah bertahan selama 26 tahun. Duplantis melakukan lompatan dengan ketinggian 6,15 meter selisih tipis dari Bubka yang mencatatkan 6,14 meter pada Juli 1994 di Italia.

Pemain berusia 20 tahun itu berhasil melakukan lompatan pada upaya keduanya di akhir kompetisi Diamond League di Roma, Italia, Kamis (17/9) waktu setempat.

"Saya rasa saya masih di atas awan sekarang, kamu merasa seperti sedang bermimpi, perasaan yang sangat nyata dan luar biasa," ucap Duplantis.

Baca juga: Osaka Undur Diri dari Turnamen Prancis Terbuka

Meskipun belum dapat melewati catatan rekor dirinya sendiri setinggi 6,18 meter yang ia catatkan pada Februari lalu, namun Duplantis mengaku senang karena menjadikan hal ini sebagai ajang pemanasan menuju Olimpiade 2021.

"Saya belum pernah melompat disini sebelumnya (Roma), disini ada banyak pertunjukan sejarah hebat itulah salah satu alasan saya datang kesini," tuturnya.

"Ini adalah stadion bersejarah dan saya tahu jika cuaca memungkinkan saya dapat melompat tinggi," sambungnya.

Duplantis telah menyelesaikan lompatan pada percobaan pertama tetapi sayang harus membentur mistar, dikatakanya saat ini ia sedang berfokus untuk merebut kemenangan di Olimpiade Tokyo tahun depan. "Ada banyak medali yang harus saya menangkan," tujasnya. (AFP/H-3)

BERITA TERKAIT