08 September 2020, 10:39 WIB

Barty Putuskan Absen di Prancis Terbuka


Basuki Eka Purnama, Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

PETENIS nomor satu dunia Ashleigh Barty, Selasa (8/9), mengumumkan dirinya tidak akan mempertahankan gelarnya di Prancis Terbuka dengan alasan covid-19 yang juga menyebabkan dirinya absen di Amerika Serikat (AS) Terbuka.

Petenis Australia yang memenangkan gelar Grand Slam perdananya di Roland Garros pada 2019 mengatakan hal itu merupakan keputusan yang berat namun kesehatan dirinya dan keluarga adalah nomor satu.

"Prancis Terbuka tahun lalu adalah turnamen yang spesial dalam karier saya. Karenanya, keputusan ini bukanlah keputusan yang mudah," ujar Barty.

Baca juga: Serena Williams belum Yakin Tampil di Prancis Terbuka

"Ada dua alasan untuk keputusan saya. Pertama karena masih ada risiko kesehatan akibat covid-19."

"Kedua, persiapan saya tidak ideal karena pelatih saya tidak bisa mendampingi saya berlatih karena penutupan perbatasan di Austalia," imbuhnya.

Barty tinggal di Brisbane sementara pelatihnya, Craig Tyzzer tinggal di Melbourne. Perjalanan antarkota di Australia tidak bisa dilakukan karena pandemi covid-19.

Juli lalu, Barty mengumumkan dirinya akan absen di AS Terbuka yang saat ini tengah berlangsung di New York.

Kala itu, dia masih menimbang untuk tampil di Prancis Terbuka yang akan dimulai pada 27 September. Namun, hari ini, dia memutuskan untuk absen di Roland Garros. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT