07 September 2020, 07:35 WIB

Hamilton Tegaskan Bertanggung Jawab Atas Kesalahan Pit-Stop


Basuki Eka Purnama | Olahraga

LEWIS Hamilton menyalahkan dirinya sendiri atas kesalahan yang menyebabkan dirinya diganjar penalti saat berlaga di GP Italia, Minggu (6/9). Akibatnya, pembalap Mercedes itu harus puas menduduki posisi ketujuh.

Pemuncak klasemen pembalap dan peraih enam gelar juara Formula 1 itu tengah memimpin ketika dia melakukan pit-stop saat safety car sedang ada di trek. Dia beralasan tidak melihat signal yang menyatakan pit lane ditutup.

Akibatnya, Hamilton diganjar penalti 10 detik dan harus kembali masuk pit setelah safety car meninggalkan trek dan kembali bertanding dari posisi 17.

"Kami tidak melakukan yang terbaik saat pit stop," aku Hamilton.

Baca juga: Setahun Pascadidepak Red Bull, Gasly Menang di Balapan F1

"Sejujurnya, saya tidak melihat papan signal. Saya bertanggung jawab atas itu dan akan menjadi pelajaran di masa depan."

"Namun, finis ketujuh dan mendapatkan catatan waktu tercepat serta meraih poin, saya tidak menyangkanya karena tertinggal 26 detik. Jadi, saya tetap puas," imbuhnya.

"Selain itu, saya senang Max (Vertappen) gagal meraih poij hasi ini. Secara keseluruhan, balapan ini tidak terlalu buruk," ungkap pembalap Inggris itu.

Hamilton mempertahankan keunggulan 47 poin di puncak klasemen pembalap.

Selepas balapan, Hamilton juga mengucapkan selamat untuk Pierre Gasly yang meraih kemenangan pertamanya di Formula 1 bersama Alpha Tauri.

"Selamat untuk Pierre untuk penampilannya. Ini adalah hasil luar biasa untuknya," kata Hamilton.

"Saya telah melihat apa yang dialaminya, mulai dari dicoret dari tim papan atas dan kini mengalahkan tim papan atas," lanjut Hamilton mengacu pada demosi yang dialami Gasly pada 2019 dari Red Bull ke Alpha Tauri.

"Saya rasa luar biasa melihat dia bangkit dan tumbuh. Saya sangat senang untuknya," pungkasnya. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT