04 September 2020, 16:55 WIB

Akhirnya Andy Murray Kandas Juga


Dero Iqbal Mahendra | Olahraga

Mantan petenis nomer 1 dunia Andy Murray akhirnya terhenti di putaran kedua AS Terbuka. Dia dikalahkan oleh petenis muda asal Kanada Felix Auger-Aliassime.

Petenis asal Skotlandia itu tidak mampu berbuat banyak dalam pertandingan ini. Padahal di pertandingan sebelumnya, dia mampu memberikan perlawanan sengit petenis Jepang Yoshihito Nishioki dan menang dalam lima set.

Murray sendiri mengantongi tiga gelar Grand Slam ,sedangkan Felix hanya memiliki tiga kemenangan saat keduanya bertemu. Namun, hal tersebut tidak berperan besar dalam pertandingan tersebut.

Felix mampu menunjukkan permainan terbaik saat melawan Murray dengan tiga babak langsung melalui skor 6-2, 6-3, 6-4. Ia membuat 24 ace dan tidak menghadapi break point dan tidak memberikan kesempatan bagi Murray untuk mengembangkan permainan.

"Hidup ini lucu karena saya datang ke sini sebagai seorang anak pada tahun 2011 dan menyaksikan Andy bermain dengan Feliciano Lopez di babak ketiga. Sungguh gila bahwa sembilan tahun kemudian, saya memainkannya di sini dan mendapatkan kemenangan," ungkap Felix usai pertandingan sebagaimana dilansir ATP tour, Jumat (4/9).

Ia mengaku saat menghadapi Murray ada strategi yang dilakukan. "Anda akan selalu berfikir bahwa Anda harus mendapatkan keunggulan ini. Anda harus mendapatkan break ini. Anda harus selalu tahu bagaimana bila ia mulai bermain bagus dan akhirnya membalikkan keadaan. Anda tidak tahu trik apa yang ia simpan di kantongnya," papar Murray.

Bahkan Felix mengaku di saat terakhir menutup break ke tiga bukanlah sesuatu yang mudah. Felix menyadari dirinya menghadapi seorang juara hebat. Dia juga menyadari bahwa ini bukan babak ke dua seperti yang biasanya.

Baca juga: Murray Tersingkir di Putaran Kedua AS Terbuka Basuki Eka Purnama | Olahraga

Dengan lima final level tur atas namanya, termasuk dua event ATP 500, Felix telah membuktikan dirinya sebagai satu dari beberapa bintang muda paling berbakat di Tour. Namun, petenis Kanada itu tampil buruk di Grand Slam, ia gagal pada hadangan pertama dalam tiga dari empat penampilan sebelumnya di kejuaraan besar.

Di sisi lain, Murray diperkirakan kelelahan setelah upaya heroiknya mengalahkan Nishioka di babak sebelumnya dala lima set. Hal tersebut terlihat dari groundstroke dan gerakan Murray tidak memiliki kecepatan yang sama seperti yang mereka lakukan 48 jam sebelumnya.

Namun jika Murray mampu kembali dalam kondisi terbaiknya, partai ini tetap akan menyulitkannya. Pasalnya petenis Kanada itu mampu melepaskan delapan ace pada set pembuka, termasuk tiga secara beruntun untuk menahan servis pada kedudukan 3-1, dan kehilangan satu poin servis pertama (13/14).

Saat Murray berhasil mengembalikan servis cepat Felix, return forehand yang dilakukan petenis Kanada tetap menyulitkan Murray. Bahkan dalam return game Felix mampu mengambil poin dari servis Murray.

Meski semangat juang Murray tidak surut dan akhirnya mampu bermain apik di set kedua, tapi Murray tetap dipaksa bermain bertahan dari beberapa reli yang dibuat Felix.

Felix mencetak satu-satunya break set tersebut pada kedudukan 4-3 dan melepaskan satu ace pada game berikutnya untuk memimpin dua set. Ia melanjutkan dominasinya pada set ketiga. Ia mematahkan servis Murray sekali lagi pada kedudukan 2-2 sebelum maju dalam dua jam tujuh menit.

Murray hanya berhasil mencetak sembilan pemenang sepanjang pertandingan. Dia melakukan 20 kesalahan sendiri.

Sebagaimana diketahui Murray baru memulai kembali kariernya di dunia tenis pascacedera serius di pinggul selama tiga tahun terakhir.

Murray menjalani operasi pinggul kedua pada 2019. Operasi tersebut sempat diharapkan menjadi penyelamat kariernya. Namun, setelah mengikuti Piala Davis pada November 2019, kondisi pinggulnya kembali memburuk.

Cedera pinggul ditambah pandemi covid-19 membuat Murray terpaksa melewatkan sejumlah turnamen. Dia baru bisa kembali bertanding di Western and Southern Open 2020 pekan lalu dan kandas di 16 besar. Saat ini, Murray menempati peringkat ke-134 dunia dan mendapatkan wild card untuk AS Terbuka. (ATP/OL-14)

BERITA TERKAIT