24 August 2020, 03:42 WIB

Menang di GP Styria, KTM Kehilangan Hak Konsesi


Widhoroso |

KTM kehilangan hak konsesi mereka di MotoGP setelah meraih kemenangan keduanya musim ini lewat pembalap tim KTM Tech-3 Miguel Oliveira di MotoGP Styria di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (23/8). Kemenangan Oliveira membuat KTM akan kehilangan hak untuk melakukan tes secara tidak terbatas. Empat pembalap KTM di MotoGP juga harus menjalani tes di hari-hari tes ofisial.

Pembalap test KTM, Dani Pedrosa juga tidak diizinkan menjalani tes di sirkuit tuan rumah MotoGP musim depan. KTM sekarang diizinkan memilih hanya tiga sirkuit yang bakal digunakan oleh pembalap uji mereka.

Konsesi diberikan kepada setiap pabrikan yang bergabung dengan MotoGP sejak 2013 dan untuk mereka yang belum pernah meraih kemenangan selama periode tersebut. Tim pemegang konsesi memiliki kesempatan untuk melakukan tes di trek manapun yang mereka pilih. Mereka juga memiliki enam wildcard sepanjang musim.

Agar mendapat hak konsesinya, pabrikan tidak boleh meraih skor lebih dari enam poin konsesi selama periode dua tahun. Jika batas itu tidak dilewati dalam dua tahun maka poin mereka akan kembali nol. Adapun perhitungan poinnya adalah tiga poin untuk satu kemenangan, dua untuk finis runner-up dan satu untuk finis peringkat ketiga. Saat enam poin diraih, maka hak untuk melakukan tes secara tak terbatas secara otomatis dihapuskan.

KTM musim ini meraih kemenangan perdana mereka lewat penampilan gemilang rookie KTM Factory Racing Brad Binder di Brno, Republik Ceko pada 9 Agustus. Tiga pekan kemudian Oliveira menjadi pebalap Portugal pertama yang memenangi grand prix kelas premier sekaligus mempersembahkan kemenangan pertama bagi tim KTM Tech 3 sedangkan Pol Espargaro mempersembahkan hadiah tambahan untuk KTM ketika finis peringkat tiga.

Melebihi poin konsensi, alokasi mesin untuk KTM juga akan dikurangi dari sembilan menjadi tujuh untuk musim 2021. Selain itu, mereka juga hanya akan diberikan tiga slot wildcard saja.

KTM, yang melakukan debut di MotoGP pada 2017, tidak peduli telah kehilangan hal konsensi. Pasalnya, pabrikan asal Austria itu telah menunjukkan perkembangan pesat dan membuktikan dirinya sebagai penantang serius musim ini.

KTM saat ini berada di peringkat tiga klasemen konstruktor, terpaut hanya enam poin dari Yamaha yang berada di puncak, dan satu poin dari Ducati. (Ant/R-1)

BERITA TERKAIT