14 August 2020, 02:16 WIB

Ferrari Komitmen Dukung Penuh Vettel Hingga Akhir Musim


Widhoroso | Olahraga

TIM Formula 1 Ferrari menegaskan komitmen mendukung Sebastian Vettel untuk bertarung hingga akhir musim setelah start yang berat bagi pembalap juara dunia empat kali itu. Kerja sama Vettel dengan Ferrari memang akan berakhir tahun ini.

Direktur Olahraga Ferrari Laurent Mekies mengatakan adalah kewajiban bagi Ferrari untuk memberi dukungan yang solid kepada pebalap asal Jerman itu di saat ia sedang mencoba mengeluarkan potensi maksimal dari mobil SF1000. Vettel telah gagal finis di peringkat lima besar dari lima grand prix yang telah digelar.

Ia bahkan sempat beradu argumen dengan tim di tengah balapan akhir pekan lalu di Silverstone di mana ia finis P12 setelah menganggap  strategi tim tidak masuk akal. Rekan satu timnya, Charles Leclerc, sementara itu finis P4 di balapan yang menandai hari jadi ke-70 Formula 1 itu.

Hingga kini, Leclerc mengemas total 45 poin. Sedangkan Vettel hanya 10 poin di klasemen saat ini.

"Ini adalah kewajiban kami untuk mencoba melakukan semua yang bisa kami lakukan untuk mendukung dia dan memastikan jika kami mengonversi mobil untuknya menjadi waktu putaran yang lebih baik karena dia adalah aset masif bagi tim ini," kata Mekies, Kamis (13/8).

Ferrari masih memerlukan Vettel untuk mendulang poin di konstruktor, kendati pebalap berusia 33 tahun itu berada di bawah bayang-bayang Leclerc.

"Saya rasa Vettel adalah yang terbaik ketika bicara soal semangat bertarung dan mencoba semua yang ia bisa dan menjadi seorang yang konstruktif dalam mencoba memahami bagaimana menggerakkan batas selanjutnya," jelasnya.

Vettel akan menggunakan sasis baru di Grand Prix Spanyolakhir pekan ini setelah Ferrari mendapati retakan kecil di sasis yang ia pakai di Silverstone akhir pekan lalu. Ferrari menyatakan retakan itu kemungkinan disebabkan oleh benturan keras ketika melintas di atas kerb. (Ant/R-1)

BERITA TERKAIT