13 August 2020, 15:45 WIB

Vandoorne Bakal Balap Lagi Bareng McLaren untuk F1 GP Spanyol


Deden Muhamad Rojani | Olahraga

Stoffel Vandoorne siap balapan kembali untuk McLaren pada akhir pekan balapan Formula 1 di Grand Prix Spanyol setelah berakhirnya musim Formula E.

Dilansir dari Autosport, McLaren tidak memiliki pembalap cadangan yang ditunjuk secara resmi dalam timnya untuk mendukung pembalap penuh waktu Lando Norris dan Carlos Sainz Jr. McLaren memegang kesepakatan untuk berbagi cadangan pembalap dengan Mercedes jika diperlukan.

Tim pabrikan Inggris itu terpaksa memanggil mantan pembalap Force India dan pakar Sky Sports TV Paul di Resta untuk menjadi pembalap siaga untuk Grand Prix HUT ke-70 akhir pekan lalu.

Ini karena cadangan Mercedes Vandoorne berada di Berlin untuk balapan di Formula E, sementara itu muncul bahwa sesama cadangan Esteban Gutierrez tidak lagi memenuhi syarat untuk balapan di F1.

Gutierrez dianggap mewakili Sergio Perez di Racing Point di Silverstone, tetapi ternyata dia harus menyelesaikan 300 kilometer dengan mengendarai mobil F1 karena sudah lebih dari tiga tahun sejak start grand prix terakhirnya.

Di Resta menjalani pemasangan kursi di pabrik McLaren dengan mobil MCL35 seandainya dia diminta sebagai pengganti di menit-menit terakhir. Kejadian ini sama seperti dia untuk Williams di Grand Prix Hungaria 2017 ketika Felipe Massa jatuh sakit.

Baca juga: Vettel akan Pakai Sasis Baru di Catalunya

McLaren sekarang telah mengonfirmasi bahwa mereka akan kembali ke pengaturan sebelumnya dengan Mercedes dari Grand Prix Spanyol akhir pekan ini karena Vandoorne tersedia sekali lagi.

"Saat ini pertimbangan kami adalah bahwa kami memiliki kesepakatan dengan Mercedes mengenai penggunaan supir cadangan mereka jika ada kebutuhan dari pihak kami," jelas kepala tim Andreas Seidl.

"Apa yang istimewa akhir pekan lalu adalah bahwa Stoffel Vandoorne tidak tersedia karena dia mengikuti Formula E. Tapi dengan Stoffel tersedia lagi dari Barcelona dan seterusnya, itu adalah arah utama kami," lanjutnya.

Vandoorne adalah produk dari program junior McLaren dan membalap untuk tim hingga 2017 dan 2018 sebelum diturunkan untuk memberi jalan bagi susunan pemain Norris dan Sainz.

Setelah meninggalkan McLaren, Vandoorne bergabung dengan Mercedes untuk bergabung dengan tim Formula E-nya dan mengambil peran sebagai pembalap cadangan di proyek F1 marque Jerman.

Musim kedua Vandoorne di Formula E akan berakhir pada Kamis di Berlin. Setelah itu ia akan ke Barcelona untuk standby bagi Mercedes dan McLaren. (Autosport/OL-14)

 

BERITA TERKAIT