12 July 2020, 01:13 WIB

Vettel Akui Ferrari Belum Bisa Bersaing


Widhoroso | Olahraga

HASIL kurang memuaskan didapat Ferrari di sesi kualifikasi balap Formula 1 GP Styria di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, Sabtu (11/7). Dua pembalap tim berlambang Kuda Jingkrak tersebut, Sebastian Vettel dan Charles Leclerc hanya mampu menduduki posisi start ke-10 dan 11 dalam kualifikasi yang berlangsung dalam kondisi hujan tersebut.

Vettel menyebut Ferrari masih akan sulit bersaing dengan para rival jika lomba berlangsung di lintasan basah. Kinerja mobil Ferrari dinilai pembalap Jerman itu masih jauh dari yang diharapkan.

Juara dunia empat kali itu mengaku pada sesi latihan Jumat (10/7), Ferrari mampu meningkatkan performanya. Namun, saat lintasan basah, Vettel mengaku Ferrari tidak bisa berbuat banyak.

"Itu sesi yang sulit bagi kami. Kami berjuang untuk membuat ban bekerja dengan baik saat lintasan basah. Sekarang kami harus melihat dengan baik untuk mengetahui alasannya. Saya mengalami banyak kesulitan menguasai mobil khususnya pada akhir kualifikasi 2 dan 3," jelasnya.

"Ini sama sekali tidak ideal. Kami harus bisa memastikan mendapat pelajaran dari sesi kualifikasi ini dan menerapkannnya jika lomba berlangsung dalam lintasan basah. Jika lomba berlangsung dalam kondisi kering, akan sedikit berbeda. Kami akan berjuang dan mencoba segalanya," imbuh Vettel.

Sedangkan Leclerc, yang finis di posisi dua dalam belapan sebelumnya mengatakan hal yang sama. Menurut pembalap asal Monako itu, selain masalah ban dalam lintasan basah, mobil Ferrari juga tidak mampu melaju cepat.

"Kami terpaut 1,8 detik. Saat ini kami masih terlalu lambat. Kami harus memperbaiki itu," jelasnya.

Babak kualifikasi GP Styria dikuasai pembalap Mercedes, Lewis Hamilton. Pembalap Inggris itu menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 19,273 detik dan membutanya berhak atas posisi pole position dalam balapan yang akan berlangsung Minggu (12/7). Ini menjadi pole position ke-89 Hamilton dalam kariernya di Formula 1.

Sedangkan posisi start kedua akan ditempati pembalap Red Bull Max Verstappen. Pembalap asal Belanda ini mencetak waktu 1 menit 20,489 detik. Sementara baris kedua start akan diisi pembalap Spanyol Carlos Sainz (McLaren-Renault) dan rekan setim Hamilton Valtteri Bottas dari Finlandia.(AFP/R-1)

BERITA TERKAIT