21 May 2023, 13:50 WIB

Fakta dan Kronologi Tewasnya Putri PJ Gubernur Papua, Mati Lemas dan Ada Luka


Zubaedah Hanum |

KEMATIAN ABK, 16, putri Penjabat (Pj) Gubernur Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo masih misterius. Berikut ini fakta beserta kronologi ditemukannya korban yang masih duduk di kelas 2 SMA negeri di Semarang, Jawa Tengah, itu.

1. Tewas di kamar kos

ABK ditemukan di sebuah rumah kos di wilayah Jalan Pawiyatan Luhur Bendan Ngisor, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (18/5) malam. Korban sempat dibawa ke rumah sakit oleh beberapa orang, sebelum akhirnya meninggal dunia. 

Polisi mengevakuasi korban ke kamar mayat Rumah Sakit (RS) Dokter Kariadi Semarang untuk diautopsi pada Jumat (19/5). Kapolrestabes Semarang Kombes Polisi Irwan Anwar mengatakan, pihak keluarga telah menyetujui autopsi dan berharap ada titik terang penyebab kematian korban.

Baca juga : Putri PJ Gubernur Papua Pegunungan Meninggal Tidak Wajar, Keluarga Minta Diusut Tuntas

2. Ditemukan Miras

Dari hasil olah Tempat Kejadian Perkara/TKP, terdapat luka lecet di tubuh korban. Polisi juga menemukan beberapa botol minuman keras di dekat tubuh korban.

3. Terakhir bersama AN

Sebelum tewas, korban diketahui terlihat bersama teman dekat prianya yang berinisial AN. Berdasarkan informasi itu, polisi pun mencari tahu keberadaan AN.

Baca juga : Putri PJ Gubernur Papua Pegunungan Ditemukan Tewas, Diduga Alami Kekerasan Seksual

4. Dugaan Kekerasan

Kapolrestabes Semarang Kombes Polisi Irwan Anwar menyebut ABK yang mati dalam keadaan lemas, diduga mengalami kekerasan seks.

"Mati lemasnya karena apa? Itu juga makanya akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan tiga item itu lagi, kemudian dugaannya juga ada kekerasan seks," kata Irwan.

5. Forensik hingga Toksikologi

Saat ini, Irwan menjelaskan pihaknya sudah melakukan pemeriksaan forensik terhadap jenazah korbann, namun masih dibutuhkan pemeriksaan lanjutan berupa mikrobiologi, patologi dan toksikologi.

6. Korban dimakamkan di Grobogan

Korban dimakamkan di kompleks pemakaman Katolik di Desa Jatiharjo, Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, pada Sabtu (20/5).

Ratusan orang terdiri dari keluarga, kerabat serta teman ABK melepas kepergian mendiang dengan air mata. Proses pemakaman di pemakanan Katolik tersebut berlangsung khidmat.

7. Dikenal sebagai sosok penurut

Semasa hidup, keluarga dan teman-teman korban menilai ABK sebagai sosok yang baik dan menurut. Ia suka menolong teman, dan selalu perhatian dengan orang lain.

Keceriaan dan kesederhanaan korban menjadi cermin korban anak baik yang selalu menurut pada orang tua. Ia kerap berkunjung ke keluarga di Jatiharjo untuk acara keluarga, Natal hingga Lebaran bersama keluarga besarnya. (MGN/Z-4)

BERITA TERKAIT