17 May 2023, 06:00 WIB

KM Sinar Mareto Karam di Perairan Halmahera Timur


Sahril Helmi |

SEBUAH kapal bermotor karam di perairan Halmahera Timur, Maluku Utara. Sedikitnya 12 penumpang dan dua awak selamat dalam insiden ini. 

Kapal bernama lambung KM Sinar Mareto Tenggelam mengalami kebocoran di perairan Desa Labi-Labi, Kecamatan Wasilei Selatan, Kabupaten Halmahera Timur, pada Rabu (16/5) siang. Sejumlah penumpang berhasil dievakuasi ke kapal nelayan sekitar sebelum kapal karam. 

Kapal bertenaga 25 GT ini, mengangkut 16 ton muatan kopra, 12 penumpang, dan dua awak kapal dari Halmahera Timur, menuju Tobelo Halmahera Utara, Maluku Utara.

Baca juga: Speed Boat Milik Pemkab Teluk Wondama Terbakar, Satu Tewas

Di tengah perjalanan, kapal tersebut dihantam gelombang hingga tenggelam. Beruntung para penumpang berhasil diselamatkan oleh nelayan setempat yang melihat insiden ini.

Kepala Basarnas Ternate, Fathurahman mengatakan, pihaknya langsung menerjunkan personel Tim Sar gabungan yang terdiri dari Basarnas Ternate, Polairud, dan unsur lainnya untuk memastikan kondisi korban.

Baca juga: Mobil Pikap Bawa Baterai Tower Indosat Hangus Terbakar

"Pukul 15.26 WIT tim rescue bergerak menuju ke titik lokasi kapal yang mengalami kebocoran dan mati mesin. Pada 17.15 tim gabungan tiba di Desa Labi-labi dan berkoordinasi dengan masyarakat setempat untuk menanyakan perkembangan dari operasi kapal yang mengalami kebocoran dan mati mesin," ujar Fathurahman. 

Fathurahman memastikan seluruh korban berhasil dievakuasi dengan selamat sekitar pukul 19.20.  (Z-3)

BERITA TERKAIT