16 March 2023, 13:17 WIB

Gelar Rakor Lintas Sektoral, Korlantas Polri Siap Hadapi Arus Mudik Lebaran 2023


Media Indonesia |

KEPALA Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Firman Shantyabudi membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral dalam rangka persiapan petugas menghadapi arus mudik pada libur lebaran tahun 2023. R

Rakor Lintas Sektoral yang mengangkat tema "Mudik-Balik Lebaran 2023 Aman, Selamat, Tertib, Lancar dan Sehat" digelar di Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (16/3).

Menurut Irjen Firman, mudik adalah sebuah tradisi masyarakat Indonesia setiap tahunnya, yang dilakukan bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri. Warga melakukannya dengan perjalanan ke kampung halaman.

Tahun ini, Kementerian Perhubungan memprediksi ada sekitar 123,8 juta pergerakan masyarakat dari satu wilayah ke wilayah lainnya pada arus mudik sebelum perayaan Idul Fitri.

Rakor Lintas Sektoral dihadiri oleh Dirjen Perhubungan Darat, Dirjen Bina Marga, Dirut PT Jasa Raharja, Dirut ASDP, Kepala Badan Pengelola Jalan Tol, para pejabat utama Korlantas Polri, serta para Direktur Lalu-Lintas  Polda seluruh Indonesia dan para pemangku kepentingan lainnya.

Mereka akan akan menyiapkan beberapa langkah strategis dan cara bertindak petugas dalam pengamanan arus mudik Idul Fitri 2023. Di antaranya rekayasa lalu lintas, pengalihan arus, contraflow, pengaturan di rest area, penyediaan BBM, pembatasan kendaraan barang, dan sejumlah masalah penting lainnya.

"Hal ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan, keamanan, keselamatan, kelancaran, dan ketertiban masyarakat Indonesia saat pelaksanaan mudik Idul Fitri pada April 2023 mendatang," tandasnya. (N-2)

BERITA TERKAIT