09 March 2023, 15:05 WIB

Cegah Flu Burung, Ternak di Cimahi Divaksinasi


Depi Gunawan |

DINAS Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi, Jawa Barat mulai melaksanakan vaksinasi pada unggas atau ternak untuk mencegah penyebaran flu burung.

Pada tahap awal ini, petugas menyasar ternak di wilayah Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah karena sebelumnya ditemukan 172 ekor ternak positif flu burung.

Dari titik tersebut, ada sekitar 130 ekor ternak yang disuntikan vaksin pada Kamis (9/3). Dari mulai ayam, bebek, entog, dan angsa yang kondisinya masih sehat atau tidak terjangkit penyakit.

Baca juga: Kasus Flu Burung di Cimahi dalam Proses Uji Sampel

"Untuk hari ini yang kita suntik vaksin flu burung ada 130 ekor ternak di beberapa lokasi Padasuka," kata Kepala Dispangtan Kota Cimahi, Tita Mariam.

Dia memastikan, vaksinasi akan dilaksanakan di semua kelurahan yang terdapat unggas atau ternak, walaupun kasus flu burung tidak menyebar di seluruh wilayah.

Baca juga: Kasus Flu Burung di Cimahi dalam Proses Uji Sampel

"Nanti kita menyasar wilayah lainnya secara bertahap untuk dilakukan vaksinasi. Sebetulnya kan kalau di Cimahi rutin setiap tahun meskipun tidak ada kasus," jelas Tita.

Vaksinator Dispangtan Kota Cimahi, Muhammad Faiz Labib menerangkan, pihaknya hanya memberikan vaksinasi pada unggas yang sehat.

"Kita tidak vaksinasi ternak yang sakit, karena tujuan vaksinasi kan untuk membentuk kekebalan tubuh, kalau hewannya sedang sakit maka pembentukan kekebalan tubuhnya akan tidak efektif," ungkap Faiz.

Dalam pelaksanaan vaksin flu burung tersebut, pihaknya menyediakan lima botol vaksin yang diperkirakan berisi sekitar 500 dosis. Pemprov Jabar melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) juga siap memberikan bantuan tambahan vaksin.

"Apabila tidak mencukupi, Pemprov Jabar melalui DKPP siap untuk menambah kebutuhan lagi," tuturnya. (Z-6)

BERITA TERKAIT