22 February 2023, 17:43 WIB

Kapolda Jambi Diterbangkan ke RS Polri Kramat Jati


Solmi Ruhan |

PENANGANAN medis terhadap cedera serius yang dialami Kapolda Jambi Inspektur Jenderal Rusdi Hartono dan ajudannya Briptu Muhardi Aditya, korban insiden kecelakaan pesawat heli Bell 412 SP 3001 di daerah perbukitan dekat Desa Temiai, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, Minggu (19/2) lalu, akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta.

Didampingi Kepala RS Bhayangkara Jambi Kombes Yandiko dan Tim Pusdokkes Polri, Rabu (22/2) pukul 14.24 WIB, Kapolda dan ajudannya diterbangkan dengan pesawat kecil jenis Hawker 800 XP dari Bandara Sultan Thaha Syaefuddin, Kota Jambi.

Kabid Humas Polda Jambi Kombes Mulia Prianto mengatakan, keduanya setiba di Bandara Halim Perdanakusuma, langsung diboyong ke RS Polri Kramat Jati, Jakarta, untuk menjalani penanganan medis yang lebih baik.

Keputusan merujuk pengobatan ke RS Polri terhadap Kapolda Rusdi Hartono dan ajudannya Aditya, sebut Mulia, berdasarkan pertimbangan medis yang dilaksanakan para dokter yang menangani sejak Selasa (21/2) malam hingga Rabu siang.


Baca juga: Penanganan Medis Kapolda Jambi Dirujuk ke Jakarta


"Kita berharap Pak Kapolda dan Aditya mendapatkan penanganan pengobatan lebih baik, sehingga cepat pulih seperti sedia kala," kata
Mulia.

Keberangkatan Kapolda dan ajudannya untuk berobat ke RS Polri Jakarta, Rabu itu dilepas sejumlah tokoh Polri dan TNI, serta beberapa pejabat Pemda Jambi. Antara lain Gubernur Jambi Al Haris, Ketua DPRD Edi Purwanto, Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal sekaligus Ketua
Alumni Akpol 1991, Danrem 042 Gapu Brigjen TNI Supriono, dan para pejabat utama Polda Jambi.

Seperti diberitakan sebelumnya, akibat insiden heli Minggu lalu itu, Kapolda Jambi Rusdi Hartono mengalami cedera di beberapa tubuhnya. Untuk cedera yang kasat mata, Rusdi mengalami patah tangan kanan.

Selain itu, meski tidak terlihat, Rusdi diduga mengalami cedera cukup serius pada daerah sekitar pinggang akibat benturan keras yang dia alami saat pesawat heli yang dia tumpangi mendarat darurat dan terbelah di rimba Taman Nasional Kerinci.

Selain Kapolda dan Aditya, enam orang juga menjadi korban dalam insiden pesawat nahas tersebut. Namun, enam korban lainnya tetap menjalani perawatan di RS Bhayangkara Jambi. (OL-16)

 

BERITA TERKAIT