12 February 2023, 18:28 WIB

Cuaca Tidak Menentu, Nelayan Teluk Palu Tidak Melaut


M. Taufan SP Bustan |

SEJUMLAH nelayan di pesisir Teluk Palu, Sulawesi Tengah, terpaksa istirahat melaut sejak sepekan terakhir. Hal ini disebabkan cuaca yang tidak menentu yang bisa membahayakan nelayan jika tetap melaut.

"Cuaca tidak menentu itu kadang hujan, angin kencang, dan gelombang tinggi. Bahaya untuk kami nelayan yang pakai perahu dayung," terang Amran Pado, seorang nelayan Teluk Palu, Minggu (12/2).

Menurut Amran, cuaca yang kadang bagus dan kadang tidak bagus itu sudah berlangsung sejak satu minggu. "Hari ini pas tujuh hari sudah cuaca tidak bagus. Kemarin bagus, cuma hari ini angin kencang. Jadi saya istirahat lagi di rumah," imbuhnya.  

Nelayan lainnya, M Rasyid menambahkan, karena istirahat melaut banyak nelayan hanya bertahan di rumahnya masing-masing dan sesekali memperbaiki atau mengecek perlengkapan melaut yang kurang. "Kalau istirahat begitu saya paling cek-cek perlengkapan saja. Seperti hari ini saya cek kondisi perahu dan jaring tangkap ikan," ungkapnya.

Rasyid berharap, cuaca bisa membaik sehingga ia dan nelayan lainnya di Teluk Palu bisa kembali melaut. "Pekerjaan utama saya hanya mencari ikan di laut. Kalau tidak ke laut,otomatis tidak dapat penghasilan untuk biaya hidup," tandasnya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT