07 February 2023, 17:51 WIB

Erick Thohir Sosok Dibalik Kesuksesan Acara Peringatan Harlah 100 Tahun NU


Widhoroso |

MENTERI NBUMN Erick Thohir memang dikenal sebagai pemimpin yang mampu mengerjakan berbagai tugas. Tugas-tugas yang dikerjakan oleh orang nomor satu di Kementerian BUMN ini pun sarat akan keberhasilan.

Hal ini kemudian membuat Erick Thohir menjadi salah satu menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi di pemerintahan. Namun ternyata, tak hanya Presiden Jokowi yang menjadikan Erick Thohir andalan namun juga organisasi Islam terbesar di dunia dan Indonesia yakni Nahdlatul Ulama.

Ketua Umum (Ketum) PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya menyatakan berkat Erick Thohir acara Harlah ke-100 NU dapat berjalan dengan lancar dan meriah. Ia mengatakan kapasitas Ketua Steering Committee (SC) Panitia Harlah ke-100 NU tersebut sudah tidak diragukan lagi dalam menyelenggarakan acara kolosal. Sudah terbukti dalam acara Asian Games 2018 dan penyelenggara KTT G-20 pada tahun lalu.

“Kalibernya (Erick Thohir), orang sudah tahu. Makanya acara-acara terkait peringatan 1 Abad NU lancar. Kapasitasnya bagus, apalagi untuk meng-orkestrasi kegiatan-kegiatan besar,” terang Gus Yahya.

Berkat Erick Thohir seluruh rangkaian acara peringatan Harlah ke-100 NU dapat berjalan dengan baik dan meriah. Seperti diketahui, terdapat sembilan acara dalam memperingati satu abad organisasi Islam tersebut.

Sembilan acara tersebut adalah Muktamar Fiqh Perdaban Internasional, NU Women, NU Tech, Gerakan Kemandirian NU, Religion-20 (R-20), Festival Tradisi Islam Nusantara, Porseni NU, Anugerah Tokoh NU dan acara puncak Harlah ke-100 NU di Sidoarjo. Tak hanya itu, Gus Yahya juga mengatakan Erick Thohir membuat NU menjadi lebih mandiri melalui kerja sama mendirikan 250 Badan Usaha Milik NU atau BUMNU di seluruh Indonesia.

"Saya bilang bagi NU, kemandirian itu penting. Tapi, mandiri tidak berarti mengerjakan semuanya sendirian. Saya berpikir tentang membangun kerja sama yang bermartabat,” pungkas Gus Yahya. (RO/OL-15)

BERITA TERKAIT