30 January 2023, 18:31 WIB

Sumsel Mulai Siap Lakukan Vaksinasi Covid-19 Booster Kedua


Dwi Apriani |

PEMERINTAH Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sudah siap untuk melakukan vaksinasi Covid-19 booster kedua atau dosis keempat untuk masyarakat. Kepala Dinas Kesehatan ,Provinsi Sumatra Selatan Trisnawarman mengatakan pihaknya sudah menerima tambahan vaksin Pfizer dari pemerintah pusat akhir pekan lalu.

Namun baru Kota Palembang yang mengambil stok vaksin di gudang penyimpanan vaksin Dinkes Sumsel. "Baru Palembang yang pagi tadi mengambil stok vaksin. Ada 10 kabupaten dan kota yang masih dalam proses pengambilan stok vaksin di gudang penyimpanan vaksin kita," kata dia, Senin (30/1).

Ia menuturkan, Sumsel mendapatkan alokasi vaksin pfizer sebanyak 26.682 dosis atau 4.488 vial. Untuk Palembang, mendapatkan 8.502 dosis vaksin. Sementara alokasi untuk 10 kabupaten kota lain yakni antara lain, Lubuklinggau ada 2.340 dosis, OKU sebanyak 3.000 dosis, OKU Timur ada 1.170 dosis.

Kemudian ada 1.200 dosis untuk Prabumulih, Muara Enim ada 1.500 dosis, OKI sebanyak 3.096 dosis, Lahat mendapatkan sebanyak 1.200 dosis, Ogan Ilir ada 2.340 dosis, Musi Banyuasin sebanyak 1.170 dosis, dan Empat Lawang sebanyak 1.170 dosis.

"Kita sudah mengajukan kembali permohonan permintaan alokasi vaksin Covid-19 untuk 6 kabupaten dan kota lain di Sumsel. Mereka (6 daerah itu) memang sejak awal belum mengajukan dan baru mengajukan permintaan alokasi vaksin pada hari ini," jelasnya.

Diakui Trisnawarman, vaksin tersebut setelah diambil oleh masing-masing daerah maka akan langsung segera didistribusikan ke fasilitas kesehatan yang ada di daerah tersebut. "Setelah vaksin tiba, maka tiap daerah sudah bisa melakukan pendistribusian ke berbagai fasilitas kesehatan di daerahnya seperti ke puskesmas atau rumah sakit, sehingga sudah bisa langsung lakukan vaksinasi booster dosis kedua untuk masyarakat," ucapnya.

Ia mengimbau, agar masyarakat yang sudah melakukan vaksinasi booster dosis pertama untuk segera mendatangi fasilitas kesehatan di daerahnya untuk melakukan vaksinasi booster dosis kedua. "Kami juga mengimbau agar tiap daerah yang sudah menerima pasokan vaksin pfizer ini untuk segera menggencarkan vaksinasi di daerahnya," jelas dia.

Trisnawarman menuturkan vaksinasi booster dosis kedua ini sangat penting untuk kekebalan tubuh. Sebab dengan vaksinasi ini, akan sangat bermanfaat agar tubuh dapat terjaga dari virus Covid-19.

"Tubuh kita membutuhkan lagi vaksinasi booster tahap kedua agar dapat lebih kebal dari virus Covid-19. Sebab, saat ini vaksinasi booster tahap satu sudah habis di diri kita, sehingga perlu mendapatkan vaksinasi lagi," pungkasnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT