26 January 2023, 17:38 WIB

Polres Pelabuhan Belawan Ciduk Ratusan Preman Berkedok Juru Parkir


Yoseph Pencawan |

POLRES Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara, menangkap 109 pria yang diduga selama ini telah melakukan tindakan premanisme dengan berkedok sebagai juru parkir.

Kapolres Pelabuhan Belawan AKB Josua Tampubolon mengatakan, penangkapan tersebut dilaksanakan tim Pemburu Preman Polres Pelabuhan Belawan. "Mereka diduga sering melakukan pungutan liar (pungli) dan aksi premanisme di wilayah hukum kami," ungkapnya, Kamis (26/1).

Personel Tim Pemburu Preman menciduk mereka dari wilayah hukum tiga Polsek Belawan, Polsek Medan Labuhan, dan Polsek Hamparan Perak. Polres Pelabuhan Belawan melaksanakan penindakan ini dalam menindaklanjuti laporan masyarakat yang resah dengan ulah para preman tersebut.

Setelah menangkap, polisi kemudian menahan mereka di Mapolres Pelabuhan Belawan. Lalu serangkaian pemeriksaan dijalani mereka, termasuk tes urine.

Dari tes itu polisi mendeteksi puluhan orang dari mereka mengonsumsi narkoba. Menurut Kapolres, mereka yang terdeteksi mengonsumsi narkoba akan diselidiki lebih lanjut. Dalam pemeriksaan yang lain, polisi juga mengetahui bahwa sebagian dari mereka juga sudah pernah masuk penjara.

Namun demikian, kali ini Polres Pelabuhan Belawan memutuskan untuk melepaskan mereka. Namun mereka diminta untuk tidak mengulangi lagi perbuatannya melakukan aksi premanisme.

"Jika diulang lagi, pasti akan kami tahan dan diproses. Kita sudah punya semua data mereka," ujar Kapolres.

Josua juga memastikan pihaknya masih akan melanjutkan operasi pemberantasan preman dan narkoba di wilayah hukumnya. Kebijakan khusus itu dikeluarkan agar kondisi kamtibmas dapat semakin baik. Dia juga berharap semua elemen masyarakat berperan aktif membantu polisi menekan aksi tawuran antarwarga yang kerap terjadi di Kecamatan Medan Belawan. Pihak-pihak yang rentan bertikai agar sesering mungkin diberi pengertian dan menjalin perdamaian. (OL-15)

BERITA TERKAIT