26 January 2023, 11:15 WIB

Wakil Presiden akan Menghadiri Haul Guru Sekumpul


Denny Susanto |

WAKIL Presiden RI Ma'ruf Amin dijadwalkan akan menghadiri peringatan wafat (haul) ke-18 ulama besar Kalimantan Selatan, KH Zaini Abdul Ghani atau Guru Sekumpul di Martapura.

Menurut keterangan Biro Humas dan Administrasi Pimpinan Pemerintah Provinsi Kalsel, Wapres dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Syamsuddin Noor pada sore hari sekitar pukul 16.00 wita. Wapres akan mengikuti prosesi haul pada malam hari yang dipusatkan di kediaman Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor di Martapura Timur.

Rangkaian haul Guru Sekumpul sudah berlangsung sejak Senin (23/1) dan puncaknya pada Kamis-Jumat (26-27/1). Kegiatan haul berlangsung di sejumlah lokasi baik di Kota Martapura maupun daerah lain di Kalsel bahkan hingga Kalimantan Tengah.

Panitia haul telah membangun puluhan posko dapur umum dan rest area bagi para jemaah yang datang dari berbagai daerah. "Kita perkirakan ada ratusan ribu orang jemaah dari berbagai daerah akan datang
menghadiri haul abah Guru Sekumpul," tutur Ahmadi, Koordinator Relawan Haul Guru Sekumpul.

Polres Banjar menyebutkan ada sejumlah titik lokasi kegiatan haul yaitu Majelis Ahbaabul Mustofa Al Main Martapura dipimpin Syaikh Akhmad Adz Dzohir dan Masjid Al Mubarokkah Desa Pengaron, Kecamatan
Pengaron. Kemudian Komp Griya Sekumpul Raya Blok A Jl Kenanga, Inderasari, Martapura, dipimpin oleh Uztad Muhammad. Selain itu juga di kediaman Gubernur Kalsel di Kecamatan Martapura Timur yang dipimpin oleh KH Wildan Salman.

Pelaksanaan Haul Akbar Guru Sekumpul ke-18 terbuka untuk umum yang dijadwalkan dihadiri Wapres dan sejumlah tokoh penting lainnya.

Sementara pada Jumat (27/1) kegiatan haul juga akan berlangsung
di sejumlah lokasi termasuk pelaksanaan haul oleh pihak keluarga di
kediaman almarhum abah Guru Sekumpul. Undangan tidak untuk umum hanya tamu keluarga dan para alim ulama Martapura. (N-2)

BERITA TERKAIT