25 January 2023, 22:44 WIB

Pemkab Bandung Barat Jamin Stok Pangan Hingga Idul Fitri


Depi Gunawan |

PEMKAB Bandung Barat, Jawa Barat menjamin stok bahan pokok aman hingga menjelang bulan Ramadhan sampai Idul Fitri. Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan sudah memerintahkan dinas terkait agar bekerja sama dengan pihak lainnya untuk menyediakan pasokan bahan pokok.

"Saya sudah sampaikan ke pak Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) untuk antisipasi lonjakan harga dan kekurangan pasokan bisa dikerjasamakan dengan daerah lain," kata Hengky, Rabu (25/1).

Berdasarkan pantauan di pasar tradisional, lanjut dia, kebutuhan pokok yang mengalami lonjakan harga antara lain beras serta jengkol. "Jengkol naik sampai Rp20 ribu, sedangkan komiditas lain rata-rata naik Rp2 ribu-Rp3 ribu. Kita antisipasi kenaikan harga ke depannya, termasuk untuk harga beras," ujarnya.

Salah seorang pedagang Pasar Panorama Lembang, Iyan, 53, menyebutkan, saat ini harga jengkol dijual Rp50 ribu per kilogram. "Paling tinggi harga jengkol, naiknya drastis," ucapnya.

Begitu pun beras. Untuk beras jenis medium dijual Rp11.500 per kilogram sedangkan beras premium Rp13 ribu.

Sementara harga cabai rawit yang pernah melejit hingga Rp70 ribu pada sekitar dua pekan lalu, kini turun jadi Rp50 ribu per kilogram. "Harga cabai sekarang sudah turun, dari petani Rp35 ribu per kilogram," terang Iyan. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT