25 January 2023, 21:34 WIB

Hakim PN Medan Hukum Seumur Hidup Empat Kurir 30 Kg Sabu


mediaindonesia.com |

EMPAT terdakwa kurir narkoba jenis sabu seberat 30 kilogram asal Aceh untuk dibawa ke Pelembang, Sumatra Selatan, dihukum seumur hidup dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Sumatra Utara, Rabu (25/1).
 
Keempat terdakwa kasus narkoba itu yakni Rizwana, Muhammad Reza, Afzalliq, dan Syahrul.
 
Ketua Majelis Hakim PN Medan Ulina Marbun, dalam amar putusannya menyatakan bahwa keempat terdakwa itu terbukti bersama-sama melakukan perbuatan melanggar hukum dengan menjadi perantara dalam jual beli narkotika golongan I.
 
Ulina menyebutkan hal-hal yang memberatkan keempat terdakwa tidak mengikuti program pemerintah untuk memberantas narkotika dan membahayakan banyak orang.
 
Sedangkan, hal-hal yang meringankan terhadap keempat terdakwa itu tidak ada.
 
Keempat terdakwa melanggar Pasal 114 ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.


Baca juga: Polda Jambi Tangkap 10 Pelaku Pemerkosaan Dua Anak di Bawah Umur

 
"Untuk itu, majelis hakim memutuskan keempat terdakwa divonis seumur hidup, karena bersama-sama mengedarkan narkotika jenis sabu-sabu," ujar Ulina.
 
Ketua Majelis Hakim memerintahkan untuk barang bukti yang didapatkan agar dirampas untuk dimusnahkan.
 
"Majelis hakim memberikan waktu seminggu kepada keempat terdakwa," ujar Ulina.
 
Sebelumnya, jaksa penuntut umum (JPU) Maria Tarigan, dalam tuntutannya di PN Medan menyatakan keempat terdakwa telah terbukti bersalah terlibat dalam peredaran narkoba jenis sabu seberat 30 kg, dan diancam pidana dalam Pasal 114 ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.
 
"Meminta agar majelis hakim yang memeriksa dan mengadili perkara ini, untuk menjatuhkan kepada masing-masing terdakwa dengan pidana mati," kata Maria. (Ant/OL-16)

 

BERITA TERKAIT