25 January 2023, 21:21 WIB

17.619 Sertifikat Program PTSL Warga Modo Diserahkan kePemiliknya


Muhammad Yakub |

SEBANYAK  17.619 buku Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT) milik masyarakat Kecamatan Modo, Lamongan, Jatim, diserahkan Bupati Yuhronur Efendi kepada para pemiliknya.

Proses sertifikasi tanah itu dilakukan  secara massal dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kerjasama Pemkab dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Dengan selesainya sertifikat masyarakat Modo tersebut, Pemkab Lamongan bersama BPN telah selesai menerbitkan 52.324 SHAT. Capaian ini menjadikan Lamongan menduduki peringkat  pertama terbanyak deklarasi desa lengkap PTSL di Jawa Timur.

Sertifikat itu secara simbolis diserahkan Bupati Yuhronur Efendi di Desa Pule, Kecamatan Modo, Selasa (24/1) petang.

"Alhamdulillah sudah kita serahkan tadi sertifikat tanah kepada masyarakat. Selain sebagai kepastian hukum hak atas tanah, lebih-lebih bisa untuk kegiatan produktif. Saya doakan sertifikatnya barokah, rezekinya tambah banyak. PTSL di Kecamatan Modo tuntas semuanya dan menjadi kecamatan tuntas PTSL," terang Bupati Lamongan.

Camat Modo,  Ahmad Kurniawan juga berterima kasih atas perhatian pemerintah dan mengaku bangga atas berbagai capaian dan gerak cepat seluruh pihak. Terlebih,  ada 17.619 SHAT milik masyarakat Kecamatan Modo yang telah rampung tercetak 100 persen.

"Terima kasih atas perhatiannya Bapak Bupati Lamongan dan BPN Lamongan untuk masyarakat kami. Ini satu-satunya kecamatan yang paling banyak menerima yakni 13 desa dan 4 desa yang belum kebagian program PTSL akan segera selesai tahun ini. Ada 17.619 sertifikat atau 65 persen program PTSL di Kecamatan Modo sudah sukses. Dari 17.619 sertifikat sudah tercetak 100%," kata Ahmad Kurniawan.

Hanif Widiyanto, Kepala Seksi Survei Pengukuran dan Pemetaan BPN Lamongan menambahkan, sepanjang tahun 2017 hingga 2021 BPN Lamongan telah menyelesaikan sertifikat sebanyak 318.019 bidang tanah diseluruh desa hasil program PTSL.

Dengan capaian itu Lamongan mendapatkan penghargaan kategori hibah sarana penunjang kegiatan PTSL dari Gubernur Jatim. Sementara tahun 2022 mampu menerbitkan 52.324 SHAT.

"Kita akan memberikan kepada seluruh masyarakat yang telah mendaftarkan tanahnya secara berkelanjutan," terang Hanif mengakhiri. (OL-13)

Baca Juga: Kapolri Harus Tegas Ungkap Dugaan Penipuan Trading ATG Wahyu Kenzo

 

BERITA TERKAIT