25 January 2023, 16:45 WIB

Truk Muatan LPG Terbakar Hebat, Warga Takut Mendekat


Khairul Anwar |

TRUK bermuatan penuh tabung gas LPG terbakar di jalan raya Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep Jawa Timur. Warga tidak bisa berbuat banyak karena takut tabung gas meledak.

Truk itu bermuatan 562 tabung LPG 3 kilogram. Petugas kepolisian pun hanya bisa mengamankan lokasi dengan tidak membiarkan warga terlalu dekat mengingat muatan tabung LPG yang mudah meledak.

Kebakaran terjadi akibat pengemudi truk melakukan perbaikan knalpot, ban belakang, dan teralis bagian atas dengan cara dilas. Namun posisi tabung LPG masih di truk. Tiba-tiba api langsung membesar saat percikan las mengenai boks bagian belakang yang diduga ada sebagian tabung LPG yang bocor.

Truk sempat dikemudikan ke tempat yang tidak padat bangunan oleh sopir. Kemudian sopir juga lari menjauh dari truk.

Salah seorang warga, Imron Fahrudi, mengaku warga hanya menonton dari kejauhan. "Tidak ada yang berusaha mematikan api karena takut tabung LPG meledak," tutur Imron.

Kapolsek Bluto Ajun Komisaris Muliyanto Efendi mengaku pihaknya mengamankan warga dan TKP sambil memanggil petugas damkar untuk memadamkan api sebelum sisa tabung LPG kembali meledak. Selama 1 jam lebih, api baru bisa dipadamkan setelah tiga truk damkar datang. 

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian. Kerugian ditaksir mencapai Rp600 juta. (OL-14)

BERITA TERKAIT