25 January 2023, 15:00 WIB

Huntap Korban Longsor Trenggalek Mulai Ditempati


Faishol Taselan |

KORBAN bencana tanah longsor di Desa Sumurup, Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek, pada 18 Oktober 2022, kini bisa bernafas lega setelah Pemerintah Provinsi Jatim membangun rumah hunian tetap (huntap) dan kini sudah bisa ditempati. Huntap yang diberi nama Kampung Indah Permai (KIP) ini diresmikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Gubernur Khofifah menyampaikan berdirinya huntap milik masyarakat terdampak longsor ini merupakan sinergitas dan kolaborasi berbagai jajaran pemerintah.

"Ada daerah terdampak dan berisiko tinggi jika ditempati, berisiko karena masih ada potensi tanah bergerak/longsor maupun banjir. Itu kejadian di sangat banyak daerah. Maka ada beberapa solusi yang bisa segera kita lakukan. Kebetulan saja Pak Bupati menyampaikan dan Pemprov di sini memiliki lahan maka bisa langsung digunakan untuk relokasi," kata Khofifah di Surabaya.

Biaya total pembangunan 29 rumah hunian tetap (huntap) mencapai Rp1,45 miliar dengan biaya pembangunan masing-masing huntap yakni Rp50 juta. Saat ini, sebanyak 25 unit rumah telah didirikan di lahan relokasi. Sementara empat rumah dibangun di lahan milik sendiri. Lebih detailnya, dana tersebut bersumber dari dana Belanja Tidak Terduga (BTT) APBD Pemprov Jatim Tahun 2022.

Baca juga: Cuaca Ekstrem di Cianjur, Pembangunan Huntap Tetap Berjalan

Di depan lokasi huntap masih ada lahan yang bisa digunakan sebagai sarana penguatan ekonomi masyarakat sekitar.

"Jadi berdasarkan diskusi ini akan digunakan sebagai kandang komunal atau kandang bersama baik bagi mereka yang ada di huntap KIP ini maupun masyarakat yang ada di Kampung Sumurup ini," tuturnya.

Bersama jajaran kepala OPD yang hadir, Mantan Menteri Sosial RI ini mengatakan nama Kampung Indah Permai sangat cocok bagi lokasi huntap ini.

"Saya tadi lewat jalanan sekitar sini dan memang lokasi ini pemandangannya indah dan permai. Semoga panjenengan semua betah tenang, aman, nyaman dan rizkinya banyak amin," pungkasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT