24 January 2023, 20:50 WIB

Pemko Pematang Siantar Jalin Kerja Sama dengan Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara


Apul Iskandar |

PEMERINTAH Kota Pematang Siantar sepakat bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Penandantanganan kesepakatan dilakukan oleh Wali Kota Susanti Dewayani dan Rektor UMSU Prof Agussani, di Gedung Rektorat UMSU, Medan, Selasa (24/1).

Susanti mengatakan kerja sama itu menjadi pedoman dalam melaksanakan program yang terkait  pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Kerja sama juga dilakukan pada upaya penguatan kelembagaan serta peningkatan kualitas sumber daya manusia Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemko Pematang Siantar.

Pada kesempatan itu, Susanti juga menyampaikan kuliah umum yang bertajuk Peran Politik Perempuan.

Dia mengungkapkan peran perempuan dalam politik saat ini sudah semakin membaik. Kesetaraan gender dalam berkiprah di berbagai bidang juga semakin terbuka.

Namun demikian, kesenjangan gender masih terjadi, terutama dalam politik. Partisipasi perempuan dalam perencanaan pembangunan masih kurang.

Dalam politik, meskipun sudah ada kebijakan kuota 30% untuk perempuan, namun sampai saat ini masih belum sepenuhnya teraktualisasi.

"Saya kira ini menjadi tantangan bagi perempuan-perempuan saat ini dan di masa depan, untuk mengambil bagian dan lebih aktif di berbagai bidang, dan meningkatkan kapasitas perempuan di mana pun berkiprah," ujar Susanti. (N-2)

BERITA TERKAIT