23 January 2023, 17:26 WIB

Selama Libur Imlek, Penumpang Bandara SMB II Meningkat


Dwi Apriani |

SELAMA libur Tahun Baru Imlek, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang mencatat adanya peningkatan jumlah penumpang. Selain karena masa liburan, peningkatan penumpang juga disebabkan tidak lagi adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang diberlakukan pemerintah pusat sejak 2020 lalu.

"Sejak 20 Januari 2023, jumlah keberangkatan dan kedatangan penumpang terus naik. Sekitar 9 ribu orang melakukan penerbangan," ujar Executive General Manager Angkasa Pura II Bandara SMB II Palembang, R Iwan Winaya Mahdar, di Palembang, Senin (23/1).

Ia menjelaskan kenaikan angka penumpang di Bandara SMB II Palembang turut dipengaruhi libur cuti bersama hingga 23 Januari 2023. Penumpang pesawat diprediksi kembali normal pada 24 Januari 2023.


Baca juga: Pengelola Wisata Didorong Inovasi Ciptakan Wahana Baru


"Pada H-4 Imlek sudah di atas 7 ribu. Total pergerakan penumpang dari 18 sampai 21 Januari ada 27 ribuan penumpang," kata dia.

Sementara dari pergerakan penumpang untuk aircraft movement pada 18-21 Januari, rata-rata di atas 50 pesawat dengan pergerakan harian mencapai 58 penerbangan.

"Jumlah pergerakan pesawat dan penumpang pada 20 Januari tertinggi sepanjang 2023," ucapnya.

Iwan menyampaikan, jumlah penumpang yang pergi maupun datang ke Bandara SMB II Palembang relatif sama, dengan perbandingan 50 dan 50. Umumnya tujuan dan asal penerbangan penumpang di Bandara SMB II Palembang dari Bandara Soekarno-Hatta, Batam, maupun Tanjung Pinang.

"Kita tidak tahu pasti apakah penumpang ini merayakan Imlek. Namun karena libur panjang dimanfaatkan warga untuk berlibur," pungkasnya. (OL-16)

 

BERITA TERKAIT