23 January 2023, 17:25 WIB

Rangkaian Haul Guru Sekumpul Digelar


Denny Susanto |

PELAKSANAAN peringatan wafat (haul) akbar ke-18 ulama besar Kalimantan Selatan, Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Gani atau Guru Sekumpul, mulai digelar. Puncak acara dilaksanakan pada 26 Januari 2023 mendatang.

Panitia haul juga mengundang Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Rangkaian kegiatan haul mulai digelar hari ini. Hampir 5.000 relawan yang ikut mendukung kelancaran kegiatan haul. Mereka akan bertugas di 57 pos relawan dan 35 dapur umum hingga lokasi acara haul," tutur Ahmadi, Koordinator Relawan Haul Guru Sekumpul dari Dinas Sosial Kalsel, Senin (23/1).

ara relawan yang berasal dari berbagai kalangan ini akan bertugas di empat wilayah, terutama rute perjalanan dan konsentrasi massa jemaah dari empat daerah yaitu Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar dan Barito Kuala. Rangkaian acara haul berlangsung pada 23-27 Januari 2023.

Sementara puncak acara haul yang digelar di kediaman Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, di Jalan Kertak Baru Kampung Keramat, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, pada 26 Januari 2023.

"Kita perkirakan acara puncak haul ini dihadiri lebih dari 500 ribu orang. Total jemaah yang hadir selama 5 hari kegiatan bisa mencapai dua juta orang, baik dari Kalsel maupun luar Kalsel," ungkap Ahmadi.


Layanan Telkomsel


Guru Sekumpul merupakan salah satu ulama besar dan kharismatik di Kalsel yang wafat pada 10 Agustus 2005 silam. Guru Sekumpul tidak hanya dikenal oleh masyarakat Kalsel tetapi juga hingga mancanegara. Di hari biasa komplek makam Guru Sekumpul selalu ramai diziarahi warga dari berbagai daerah.

Terkait kelancaran penyelenggaraan haul Guru Sekumpul ini, General Manager Network Service Assurance Telkomsel Kalimantan Fredy Hilton Tambunan menyampaikan dua hal yang disiapkan pihaknya, yaitu jaringan broadband dan produk layanan Telkomsel.

"Kami memastikan kondisi jaringan tetap prima, sehingga pelanggan tetap nyaman berkomunikasi selama kegiatan berlangsung," tuturnya.

Beberapa titik yang menjadi lokasi pengamanan Telkomsel di antaranya Kampung Keramat, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, yang merupakan kediaman pribadi Gubernur Kalsel serta Musholla Ar-Raudah Sekumpul Martapura yang biasanya menjadi pusat jamaah berkumpul. Namun pada tahun ini digelar secara terbatas.

Lookasi lainnya adalah Pondok Pesantren Darul Ulum Amuntai Hulu Sungai Utara, Lapangan Dinton Raya Balangan, Masjid Harun Aliyah Kota Citra Banjarbaru, serta di wilayah Kalimantan Tengah yang berada di Masjid Al-Muhajirin, Kerengpangi, Katingan. Selain itu, beberapa lokasi keramaian umum seperti Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin dan Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya. (N-2)

BERITA TERKAIT