23 January 2023, 16:13 WIB

Pemprov Sumsel Minta Warga Waspada Bencana Hidrometeorologi


Dwi Apriani |

SAAT ini Sumatera Selatan (Sumsel) memasuki puncak musim penghujan. Berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, sembilan kabupaten/kota di Sumsel diperkirakan diguyur hujan deras disertai kilat/petir.

Adapun wilayah yang terjadi hujan deras tersebut meliputi  Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Muara Enim, Lahat, OKU, OKU Selatan, Musi Banyuasin, Banyuasin dan OKI. "Untuk itu, kami mengimbau kepada masyarakat Sumsel, khususnya didaerah yang berpotensi hujan lebat untuk waspada. Karena bencana seperti banjir, longsor bisa terjadi," kata Kabid Penanganan Kedaruratan BPBD Sumsel, Ansori, Senin (23/1).

Diakuinya, kondisi geografis di Sumsel memang merupakan daerah yang rawan banjir dan longsor hingga angin puting beliung. "Karena memang banyak daerah yang rawan bencana," katanya.

Selain itu juga, Sumsel terdiri dari dataran rendah dan dataran tinggi yang sangat rawan akan bencana longsor apalagi saat musim penghujan. "Karenanya, kami minta seluruh masyarakat terutama di daerah rawan banjir dan longsor untuk selalu waspada. Yang jelas banjir dan longsor masih mengancam karena saat ini musim penghujan," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya telah menyiagakan peralatan seperti perahu karet dan alat berat dalam menanggulangi bila terjadi bencana banjir dan longsor. Selain itu, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan berbagai pihak mulai BPBD kabupaten dan kota dalam mengantisipasi bencana alam hingga koordinasi dengan TNI, Polri, PU dan lainnya.

Selain perkiraan cuaca, BMKG juga mengeluarkan perkiraan untuk suhu udara wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Muara Enim dan OKI mencapai 23 hingga 32 C dengan kelembaban udara 60 persen sampai 98 persen. Suhu Udara Wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagar Alam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan mencapai 19 hingga 31 C dengan kelembaban udara 65 persen sampai 100 persen. (OL-15)

BERITA TERKAIT