22 January 2023, 19:25 WIB

Banjir Tinggi Melanda, Dayah di Aceh Utara Nyaris Tenggelam


Fajri Fatmawati |

BENCANA banjir yang terjadi pascahujan dengan intensitas tinggi mengguyur sebagian wilayah di Provinsi Aceh mengakibatkan Dayah (pesantren) Bustanul Muttaqin di Desa Lubok Pusaka, Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, nyaris tenggelam. Soalnya, ketinggian air mencapai hingga 3 meter.

Pimpinan Dayah Bustanul Muttaqin, Tengku Muslem, mengatakan banjir terjadi akibat meluapnya sungai akibat tingginya intensitas hujan sejak dua hari terakhir. "Kondisi dayah nyaris tenggelam. Air sudah mencapai atap balai dayah," kata Muslem, Minggu, 22 Januari 2023.

Muslem mengungkapkan, ada 30 santri dan 14 guru masih terjebak dan berusaha menyelamatkan diri ke bangunan-bangunan yang lebih tinggi sembari menunggu dievakuasi oleh pihak BPBD setempat. "Saat ini para santri dan guru dayah bertahan di atap dayah yang sudah dijebol. Sejauh ini belum ada tanda-tanda air akan surut, bahkan terus meningkat," ujarnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara mencatat banjir yang terjadi di wilayah tersebut kian meluas hingga merendam lima kecamatan. "Lima kecamatan yang terendam banjir yakni Langkahan, Matang Kuli, Tanah Luas, Pirak Timur, dan Samudera dengan 26 desa terdampak," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Aceh Utara, Saiful.

Saiful menjelaskan, pihaknya sedang melakukan evakuasi terhadap warga yang terdampak banjir serta terus melakukan pendataan terhadap dampak materal, korban terdampak dan pengungsi. "Data sementara sebanyak 3.543 jiwa dari 918 keluarga di tiga kecamatan sudah mengungsi," jelasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT