18 January 2023, 18:58 WIB

Banjir Rob Ancam Tiga Kecamatan Di Surabaya


Faishol Taselan |

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur memperkirakan bakal terjadi banjir rob saat fenomena Super New Moon atau fase bulan baru.

"Fenomena bulan baru itu juga bersamaan dengan Perigee atau jarak terdekat bulan ke bumi, kata prakirawan Stasiun Metereologi Maritim Tanjung Perak Surabaya Sutarno di Surabaya.

Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut dari BMKG menyebut, rob berpotensi terjadi di Jatim selama delapan hari.Tepatnya pada Rabu (18/1)  hingga Rabu (25/1) mendatang.

Pihaknya memprediksi di Surabaya ada ada tiga kecamatan yang diperkirakan terdampak robm yakni kecamatan yang berada di wilayah persisir Surabaya. Tiga kecamatan yang terdampak banjir rob yaitu Kecamatan Bulak, Krembangan, dan Asemrowo.

Dampak dari Super New Moon tersebut diprediksi BMKG Maritim Tanjung Perak berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum Meski begitu, untuk pesisir Surabaya Raya, diprakirakan hanya berlangsung selama enam hari saja.

Secara umum banjir rob berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir. Mulai aktivitas bongkar muat di pelabuhan, permukiman pesisir, hingga tambak, tambak garam, dan perikanan darat.

"Kawasan pesisir Surabaya Utara dan Timur yang diprakirakan terdampak rob. Masyarakat wajib mewaspadainya," ungkapnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT