06 January 2023, 16:30 WIB

Sikka Kebanjiran Rendam Ratusan Rumah


Fransiskus Gerardus Molo |

RATUSAN rumah milik warga di Kelurahan Wolomarang, Kecamatan Alok Barat, Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur, terendam banjir hingga sore hari, Jumat (6/1). Banjir terjadi akibat curah hujan yang cukup tinggi dan terus menerus.

Banjir dengan ketinggian hingga dada orang dewasa ini menyebabkan warga di RT 14 RW 03 panik dan keluar dari rumah mereka. Menurut Kristina Nina Yati, warga kelurahan Wolomarang, ia takut dan lari keluar dari rumah untuk menyelamatkan diri. 

Selain merendam ratusan rumah warga, luapan banjir juga menggenangi ruas Jalan Jenderal Sudirman Maumere-Magepanda sehingga mengganggu pengguna jalan. Kemacetan di jalan tersebut tak terhindarkan.

Tampak puluhan pemuda setempat membantu mengatur lalu lintas dan mendorong beberapa kendaraan yang mengalami mati mesin di tengah badan jalan yang digenangi air setinggi kurang lebih mata kaki orang dewasa. Ada beberapa pengguna kendaraan roda yang terpaksa harus berjalan kaki dan ada beberapa pengemudi kendaraan roda dua yang terpaksa mendorong kendaraannya.

Hingga saat ini, banjir masih menggenangi sebagian besar badan jalan Trans Flores, tepatnya di Kelurahan Wolomarang, Kecamatan Alok Barat, Kabupaten Sikka. Puluhan kendaraan nekat menerobos banjir tetapi ada beberapa pengendara yang terpaksa menunggu hingga banjir reda. (OL-14)

BERITA TERKAIT