02 January 2023, 08:15 WIB

Relawan SG Jateng Dirikan Posko untuk Korban Banjir Semarang


mediaindonesia.com |

SUKARELAWAN Srikandi Ganjar (SG) Jawa Tengah (Jateng) bergerak cepat merespon banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kota Semarang, Jateng. Pada Minggu (1/1/2023), relawan Srikandi Ganjar mendirikan posko bantuan di Desa Terboyo Kulon, Kecamatan Genuk, Kota Semarang.

Koordinator Wilayah Srikandi Ganjar Jateng, Putri Indah Meilani mengatakan, selain mendirikan posko, para relawan Srikandi juga mendistribusikan bantuan sosial berupa paket pangan, air bersih, dan beberapa keperluan darurat para warga, seperti pakaian bersih, lilin, hingga obat anti nyamuk.

Dia menjelaskan, bahwa banjir di Desa Terboyo Kulon masih belum surut. Terdapat berbagai permasalahan yang diderita warga, mulai dari sulitnya mendapat bantuan karena lokasi yang terpencil, sulit mendapat air bersih, hingga penerangan yang minim sebab adanya pemadaman listrik.

"Setelah perjalan dari pagi, relawan Srikandi melewati macet, banjir, dan mencari kendaraan yang bisa sampai ke lokasi. Aksi ini butuh perjuangan," kata Meilani dalam keteranganya, Senin (2/1/2023).

Baca Juga: Terjebak Banjir Kendal, Nenek Ditemukan Tewas dalam Kamar

Meilani menyebut, bantuan tersebut tersalurkan langsung untuk sekitar 200 keluarga di Desa Terboyo Kulon. Selain diberikan secara terpusat di posko, para relawan yang bekerja sama dengan aparatur desa setempat juga menyambangi langsung rumah para warga untuk memberikan bantuan tersebut.

"Alhamdulillah kita di sambut baik oleh warga, karena Srikandi merupakan relawan yang memberikan bantuan pertama di daerah ini (Desa Terboyo Kulon)," jelasnya.

Meilani mengungkapkan, aksi ini merupakan bentuk kepedulian dan tanggap bencana dari Srikandi Ganjar Jateng terhadap masyarakat yang ada di sekitar wilayah yang terdampak banjir.  "Harapan kami bisa meringankan korban banjir, dan memotivasi teman-teman untuk juga turut membantu para korban banjir Semarang," ungkapnya.

Untuk diketahui, banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kota Semarang disebabkan oleh hujan dengan intensitas tinggi dan berlangsung cukup lama, sejak Jumat (30/12/2022) sore hingga jelang pergantian tahun pada Sabtu (31/12/2022). (OL-13)

 

BERITA TERKAIT