28 December 2022, 15:51 WIB

Gelombang Tinggi Berpotensi Landa Perairan Babel, Nelayan Diminta Waspada


Rendy Ferdiansyah |

GELOMBANG tinggi diperkirakan akan terjadi di perairan Bangka Belitung (Babel). Nelayan yang melaut diimbau untuk waspada guna  mengantisipasi kecelakaan laut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Babel. Mikron  Antariksa mengatakan hampir seluruh perairan mengalami cuaca ekstrem yakni gelombang tinggi dan angin kencang. "Gelombang tinggi, angin kencang disertai hujan dengan intensitas sedang, melanda perairan kita beberapa hari kedepan," kata Mikron. Rabu (28/12).

Ia menyebutkan berdasarkan informasi BMKG, tinggi gelombang di dua  perairan yakni Selatan Gelasa setinggi 3 meter dan Selat Karimata (3 meter), dan perairan utara Bangka (2,5 meter). "Ketinggian gelombang ini masih bisa bertambah seiring adanya awan  hitam, ini yang harus nelayan waspadai agar kecelakaan laut dapat diantisipasi,"ujarnya.

Dirinya melajutkan untuk ketinggian gelombang Selat Bangka dan selatan Bangka diperkirakan mencapai 1,25 meter. "Namun harus diwaspadai karena ketinggian gelombang bisa dua kali lipat," ungkap dia seraya mengimbau nelayan yang ingin melaut ke perairan selatan Bangka dan Selat Karimata untuk tetap waspada. (OL-15)
 

BERITA TERKAIT