06 December 2022, 18:08 WIB

BMKG: Gempa Jember akibat Patahan Batuan


Andi Himawan (MGN), Muklis Efendi (SB) |


GEMPA bumi tidak berpotensi tsunami berkekuatan M6,2 yang terjadi di Jember, Jawa Timur pada Pukul 13.07 WIB, berlanjut dengan dua kali gempa susulan berkekuatan M4,6 di titik episentrum yang sama.

“Setelah gempa awal dengan kekuatan M6,2 hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 2 aktivitas gempa susulan yang terjadi dengan kekuatan M4,6," ujar Prakirawan BMKG Anjar Triono Hadi kepada wartawan, Selasa (6/12/2022). 

Gempa tektonik terjadi pada koordinat 10.70° LS, 113.38° BT berlokasi di laut Samudera Hindia pada kedalaman 10 km, berjarak 223 km arah selatan Kota Jember.

"Gempa bumi M6,2 tersebut terjadi akibat adanya deformasi atau patahan batuan di zona outerise dengan mekanisme pergerakan turun," kata dia.

Selain Jember sejumlah wilayah lainnya ikut merasakan getaran gempa di antaranya Gubukmas, Mataram, Kepanjen dan Sumberpucung dengan skala intensitas III MMI. Daerah Kuta dan Kuta Selatan intensitas II-III MMI. Daerah Madiun, Ponorogo, Bantul, Yogyakarta, Sawahan, Klaten, Banyuwangi, dan Karangasem intensitas II MMI.

Ia mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan waspada serta tidak mudah terpengaruh oleh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Harus dari sumber yang terpercaya," pungkasnya. (Mef/A-3)

BERITA TERKAIT