06 December 2022, 17:52 WIB

3 Rumah Warga di Garut Hancur Tertimpa Longsoran Tebing


Wildan Fadilah (MGN), Muklis Efendi (SB) |

TEBING setinggi 8 meter mengalami longsor dan menimpa permukiman warga di Kampung Singkur, Desa Jangkurang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (5/12/2022) lalu.

Dalam peristiwa tersebut, tiga rumah warga hancur tertimpa longsoran. Dua orang mengalami luka berat dan salah satunya terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit.

Baca juga: Warga Korban Gempa Cianjur belum Terima Dana Kompensasi dari Pemerintah

Kepala Desa Jangkurang Agus Sophanudin mengatakan longsor terjadi akibat hujan deras yang terjadi beberapa hari sebelumnya.

“Selain intensitas hujan, terjadinya longsor diperparah akibat gempa Garut yang menyebabkan beberapa retakan di sisi dinding tebing dan baru semalam akhirnya terjadi longsor,” ujar Agus saat ditemui, Selasa (6/12/2022).

Agus menambahkan akibat kejadian ini rumah warga lainnya yang berada di sekitar area longsoran menjadi ikut terancam dan untuk sementara terpaksa harus dikosongkan demi keselamatan warga itu sendiri.

Saat ini petugas desa bersama warga sekitar bahu membahu mengevakuasi material longsoran dan mengupayakan berbagai cara agar longsoran tebing tidak meluas. (Mef/A-3)

BERITA TERKAIT