06 December 2022, 17:27 WIB

Alazka Care Kembali Salurkan Bantuan kepada Korban Gempa Cianjur


mediaindonesia.com |

YAYASAN Al-Azhar Kelapa Gading melalui pilar sosialnya, Alazka Care, kembali menyalurkan bantuan tanggap bencana untuk masyarakat terdampak Gempa Cianjur, Jawa Barat.

Bantuan kali ini difokuskan pada paket logistik non-makanan, yakni berupa pampers bayi 50 pak, pembalut dewasa 50 pak, perlengkapan mandi 100 paket, selimut 100 pcs, dan tikar 29 pcs.

Selain itu disalurkan pula perlengkapan salat sebanyak 100 paket yang terdiri atas mukena, sarung, dan sajadah lipat. Bantuan tersebut didistribusikan ke tiga posko yang telah didirikan di Cianjur, yaitu Posko Al-Azhar 18, Kp Pasir Sapi, dan Kp Lebak Saat, RT 005 RW 002, Desa Cirumput, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Berdasarkan data, sebanyak 180 kepala keluarga (KK) di Kp Lebak Saat terdampak gempa bumi magnitudo 5,6 yang melanda, dua pekan lalu. Total 95% rumah warga di Kp Lebak Saat mengalami kerusakan parah.

Selain kebutuhan logistik, warga di lokasi itu masih membutuhkan bantuan berupa akses air bersih, MCK, serta kebutuhan guru untuk mengajar dan menghibur anak-anak yang turut menjadi korban.


Baca juga: Sambangi Posko Korban Gempa Cianjur, Dirut Pertamina Serahkan Bantuan


Penyaluran bantuan hari ini merupakan rangkaian dari program tanggap bencana yang sudah dilakukan oleh Yayasan Al-Azhar Kelapa Gading. Dimulai pada Senin (28/11), melalui Alazka Care bekerja sama dengan mitra strategis, sudah menyalurkan sebanyak 30 paket sembako dan 86 paket makanan siap saji di Kp Buniaga RT 04 & 05 RW 07 Desa Ciherang, Kecamatan Pacet.

Irsan Nurfaqih, Ketua Pelaksana Harian Yayasan Al-Azhar Kelapa Gading, menyampaikan bahwa Alazka akan menindaklanjuti kebutuhan di lokasi terdampak gempa Cianjur, seperti kebutuhan guru untuk mengajar, instalasi air bersih, dan kemungkinan investasi program penggemukan hewan ternak.

"Harapannya dapat membantu warga Cianjur untuk bisa pulih seperti sedia kala," ujar Irsan dalam keterangannya, Selasa (6/12).

Ade, Ketua RT 05 Kp Lebak Saat, menyampaikan terima kasih para warganya yang terdampak gempa kepada pihak Alazka Care. "Terima kasih banyak Al-Azhar Kelapa Gading atas bantuannya, semoga kebaikannya akan dibalas oleh Allah SWT," ujarnya. (RO/OL-16)

BERITA TERKAIT