05 December 2022, 10:05 WIB

Tambang Batu bara Ilegal Marak di Kalsel, Kapolda Kok Diam? Kenapa


Denny Susanto |

KEPALA Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Selatan, Brigjen Andi Rian Djajadi diminta segera menindak tegas praktek tambang batu bara ilegal yang marak di sejumlah wilayah tersebut.

Hal ini disampaikan Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Kalsel, Kisworo Dwi Cahyono, Senin (5/12). "Kita mendesak dalam 100 hari kinerja Kapolda Kalsel yang baru Brigjen Andi Rian dapat menuntaskan masalah tambang batubara ilegal termasuk mafia tambang," tegasnya.

Menurut catatan Walhi, praktek tambang ilegal kembali marak muncul di sejumlah wilayah Kalsel seiring terus membaiknya harga batu bara di pasaran. Beberapa kasus tambang ilegal yang muncul antara lain di wilayah pegunungan Meratus beberapa kali muncul aktivitas tambang batu bara
ilegal, tepatnya di Desa Batu Harang, Kecamatan Haruyan dan Desa Nateh, Kecamatan Batang Alai Timur (BAT).

Baca Juga: 456 Kilometer Jalan di Kalsel Dikepung Tambang Bencana Menanti

Kemudian aktivitas tambang di kawasan PTPN XIII Danau Salak, Kabupaten Banjar yang menyebabkan bangunan sekolah terancam roboh. Bahkan aktivitas tambang ilegal secara terang-terangan muncul di wilayah Kota Banjarbaru, ibukota provinsi Kalsel.

Penelusuran Media, aktivitas tambang batubara ini berlangsung di wilayah Kelurahan Sungai Tiung, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru. Lokasi tambang tidak jauh dari kawasan perumahan yang dikelola perusahaan daerah dan berjarak hanya 150 meter dari jalan raya Cempaka.

Bupati Hulu Sungai Tengah, Aulia Oktafiandi menegaskan pihaknya telah melayangkan surat ke Kementerian ESDM mendesak adanya advokasi hukum atas munculnya tambang tanpa izin. Surat tersebut bernomor 660/485/DLHP/2022 tertanggal 13 Oktober 2022 tentang Permohonan
Advokasi Hukum Atas Aktivitas PETI Batubara.

Sebelumnya Kapolda Kalsel, Brigjen Andi Rian, menegaskan salah satu prioritas utama dirinya saat menjabat Kapolda Kalsel adalah menertibkan praktek tambang ilegal di wilayah tersebut. (OL-13)

Baca Juga: Ekspansi Tambang di Kalsel Hancurkan Lingkungan, Pemerintah ...

BERITA TERKAIT