03 December 2022, 15:30 WIB

Bantu Pelaku UMKM Kuliner, EdenFarm Berbagi Kiat Usaha di 4 Kota


Mediaindonesia.com |

SALAH satu bisnis yang menjanjikan selepas pandemi covid-19 adalah kuliner. Sayangnya, masih banyak pelaku UMKM kuliner yang belum mengerti betul dalam mengelola bisnis kuliner. Berangkat dari situ setelah sukses menggelar Gathering Sahabat Eden Community di awal November lalu, EdenFarm  kembali mengundang para pelaku bisnis kuliner, untuk menghadiri Gathering Sahabat Eden Community.

Gathering berformat sharing session itu dilaksanakan secara serentak di Bandung, Semarang, Jakarta,  dan Surabaya sebagai salah satu bentuk dukungan EdenFarm untuk terus membantu para pelaku bisnis kuliner di segmen horeka maupun UMKM dalam mengembangkan bisnis mereka dari sisi rantai pasok pangan.

Baca juga: Dukung UMKM, Lalamove Perluas Layanan ke Jateng dan DIY

Gathering Sahabat Eden Community diselenggarakan di dua tempat yang berbeda. Untuk segmen UMKM, Gathering diselenggarakan di Ol Pops Bintaro, dengan menghadirkan ASM Trade Culinary EdenFarm, Muslihudin; Chef Mohammad Kindy dan Direktur Operasional Restoran Ayam Gembus, Maria Barmono.

"EdenFarm ingin selalu dekat dengan para pelanggan setia kami bisa memiliki komunikasi yang baik dalam memenuhi kebutuhan bahan pangan para pelanggan. Melalui Gathering ini kami berharap EdenFarm dan komunitas pelaku bisnis khususnya di industri Horeka bisa bertumbuh dan berkembang," tutut Muslihudin.

Sementara itu, Maria Barmono menjelaskan kepada para pelanggan tentang berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membuat bisnis berkembang dan tidak berdiam di tempat yang sama.  "Bagaimana cara mengembangkan bisnis? Bisa melalui peningkatan kualitas bisnis, mencoba melakukan penyebaran outlet, membangun hubungan dengan para pelanggan baru. Jangan lupa juga untuk selalu memperkuat daya tawar serta melihat penurunan biaya produk per unit, dan memiliki semangat daya saing yang kuat," ujar Maria.

Dalam melakukan pengembangan bisnis, Maria juga menjelaskan bahwa pelaku bisnis harus memahami betul bagaimana meraih profitabilitas dengan memperhatikan faktor operasional bisnis yang akan selalu meningkat.

Tidak hanya sekedar diskusi dan sharing session, namun juga ada demo masak yang dilakukan oleh Chef Mohammad Kindy yang menyajikan menu Brocolly Tofu Oyster Sauce dan Telur Dadar Sayur diperlengkap dengan produk terbaru EdenFarm yaitu Bawang Goreng.

Dalam demo masaknya, Chef Kindy banyak mempertujukan beberapa skil yang dapat digunakan untuk mengolah bahan pangan. Selain menawarkan bahan pangan berkualitas dengan harga bersaing dan ketepatan pengiriman, salah satu penawaran menarik dari EdenFarm untuk para pelanggan B2B yaitu berupa insentif EdenPoint yang dapat diperoleh dengan cara mengajak rekan sesama pelaku usaha kuliner untuk bertransaksi menggunakan aplikasi EdenFarm.

"Selain program dan penawaran yang telah hadir, tidak berhenti sampai di Gathering Sahabat Eden Community saja, EdenFarm akan selalu menawarkan program lainnya yang tidak kalah menarik dan bermanfaat bagi para pelanggan setia. Mohon nantikan program  EdenFarm lainnya di tahun 2023 mendatang," ujar Brand Marketing Manager EdenFarm, Anjar Prihandoko. (RO/A-1)

BERITA TERKAIT