01 December 2022, 16:15 WIB

Sido Muncul Terima Penghargaan SDGs dari Bappenas RI


Haryanto |

PT INDUSTRI Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk berhasil meraih penghargaan Sustainable Development Goals (SDGs) Awards dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas)  RI.

Penghargaan ini menunjukkan komitmen kuat Sido Muncul dalam kepeduliaannya terhadap lingkungan, pengentasan kemiskinan dan
kesenjagangan sosial.

Ajang penghargaan SDGs Awards ini merupakan yang pertama kalinya digelar Bapenas RI. Terdapat 17 parameter penilaian yang ditetapkan, dengan 250-an lembaga, perusahaan, pemerintah maupun organisasi di seluruh Indonesia yang dinilai.

Dari 11 kategori pemenang, Sido Muncul meraih penghargaan juara 1 pada kategori Pelaku Usaha Besar. Pada kategori ini, Sido Muncul berhasil
mengungguli BCA sebagai juara dan Telkom juara 3.

Direktur Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat
mengatakan, penghargaan SDGs Awards merupakan kebanggaan bagi perusahaannya. Penghargaan yang diserahkan pada Kamis (1/12/), di Jakarta, itu, sejalan dengan visi misi Sido Muncul sebagai perusahaan
yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan.

"Apa yang telah Sido Muncul lakukan sejak 1998 atau 24 tahun lalu, yakni menjadi perusahaan yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan ini akhirnya membuahkan hasil. Terbukti lewat penghargaan SDGs Awards ini," katanya, saat memberikan keterangan pers secara daring dan luring di Semarang, Kamis (1/12).

Dukung pemerintah

Menurut Irwan, penghargaan yang diterima juga sebagai tanggung jawab moral bagi Sido Muncul agar lebih baik lagi dalam mempedulikan lingkungan sekitar. Sido Muncul juga akan mendukung program SDGs, dan akan terus menjadi bagian dari program tersebut sesuai tujuan besar yang ditetapkan pemerintah hingga 2030.

"Kami merasa jalan yang kami tempuh selama ini terkait lingkungan, pengentasan kemiskinan dan kesenjangan sosial sudah benar. Karena itu, Sido Muncul senang mendapat penghargaan ini. Sido Muncul akan tetap memegang komitmen berpartisipasi agar program SDGs ini berhasil," ungkapnya.

Irwan menuturkan, Sido Muncul selama ini telah membantu pemerintah ikut
memberdayakan masyarakat. Selama ini, Sido Muncul bahkan telah
menerapkan SDGs dalam perusahaannya dari hulu hingga hilir.

"Pada hilir, Sido Muncul berpartisipasi terhadap 150 distributor yang
dibina sejak jadi usaha usaha kecil pada 1974 hingga berkembang seperti saat ini. Sementara dari hulu, Sido Muncul membina 130 kelompok tani," ujarnya.

Dijelaskan, dengan adanya awards ini Sido Muncul juga akan semakin
memperbanyak kerja sama dengan desa-desa untuk lebih terlibat lagi dalam pemberdayaan masyarakat. Dalam hal ini berpartisipasi dalam segala aspek juga akan ditingkatkan.

"Sido Muncul berkomitmen dan berpartisipasi dalam mengembangkan usaha- usaha para partner kami," tandasnya.

Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia. Tujuannya guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan
melindungi lingkungan. SDGs berisi 17 Tujuan dan 169 Target yang diharapkan dapat dicapai pada 2030. (N-2)

 

BERITA TERKAIT