30 November 2022, 17:00 WIB

Tanah Bambu Lestarikan Budaya Melalui Orkes Gambus


Budi Ernanto |

GEBYAR Dangdut Gambus Modern diselenggarakan di Pantai Pagatan Pusar Hilir, Selasa (29/11/2022). Hiburan rakyat itu digelar dalam rangka melestarikan budaya Orkes Gambus yang dikemas secara modern dan mendapat sambutan dari masyarakat yang hadir.

Turut datang Bupati Tanah Bumbu Abah Zairullah Azhar melalui Asisten III Administrasi Umum Andi Aminuddin yang membuka acara itu. Kemudian Anggota DPRD Provinsi Kalsel Risdianto Haleng HB dan Anggota DPRD Kabupaten Tanah Bumbu Hassanudin.

Hadir pula Ketua Persatuan Artis Musik Melayu Dangdut Indonesia (PAMMI) M Satra, Ketua Dewan Kesenian Daerah Mamang Kapolres Tanah Bumbu yang diwakili oleh Kapolsek setempat, Danramil Kecamatan Kusan Hilir, serta Camat Kusan Hilir.

Pemerintah setempat menilai, dengan diadakannya Orkes Gambus, juga sebagai upaya mensukseskan program pemerintah yang tertuang dalam UU 5/2017 tentang Pemajuan Kebudayaan yang lahir dalam rangka melindungi, memanfaatkan, dan mengembangkan kebudayaan Indonesia. Pemerintah bersama dengan Komisi X DPR akhirnya mengeluarkan UU Pemajuan Kebudayaan. Serta, Perda 13/2019 tentang Kesenian Tradisional.

Baca juga: Kesehatan Mental adalah Fondasi untuk Masa Depan Anak

Dalam kesempatan ini, Risdianto yang juga Panglima Laskar Banua Borneo mengatakan penyelanggaraan Gebyar Dangdut Gambus Modern tidak sekadar hiburan rakyat semata, juga upaya untuk melestarikan budaya dan kearifan lokal, menjalin silaturahmi, dan memajukan ekonomi kreatif khususnya dibidang musik.

"Semoga melalui kegiatan seperti ini bisa menjadi pemicu lahirnya talenta muda dibidang industri musik dan bisa bersaing dengan musisi nasional," ucapnya.

Kegiatan tersebut juga dipandang dapat membuka pemikiran generasi muda untuk maju dan mendukung terciptanya generasi Tanah Bumbu yang memiliki minat bakat dalam hal Tarik suara, agar bisa berkiprah di kancah nasional.

Tak hanya menghadirkan artis lokal seperti Puspa Haleng kegiatan Gebyar Dangdut Gambus Modern ini juga menampikan aksi memukau Nurdin KDI dan juga Nia Lida Indosiar yang diiringi Orkestra Reynata Group milik Anang Arif Yanto dan Group 899 Agus Salim.

Hasanuddin mengatakan, dengan diadakan Orkes Gambus bisa membangkitkan seni dan budaya di wilayah Tanah Bumbu. Melalui kreasi, inovasi dan kolaborasi yang diharapkan terwujud serta terbentuknya karakter dan jatidiri sebagai bangsa yang berjiwa patriotisme. (R-3)

BERITA TERKAIT