30 November 2022, 13:30 WIB

Asah Komunikasi Publik, Pegawai Bapelitbang Sikka Ikuti Pelatihan Jurnalistik


Gabriel Langga |

BADAN Perencanaan dan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Kabupaten Sikka, NTT menggelar pelatihan jurnalistik bagi seluruh pegawainya. Pelatihan yang menghadirkan narasumber wartawan mediaindonesia.com, Gabriel Langga dan dosen Ilmu Komunikasi dari Universitas Nusa Nipa Indonesia Rini Kartini ini dilaksanakan di aula Balitbang Sikka, kemarin.

Kepala Bapelitabang Kabupaten Sikka, Margaretha Movaldes Da Maga Bapa melalui Sekretaris Bapelitbang Sikka, Ambrosius Peter menyatakan bahwa keterbukaan informasi publik sudah menjadi tolak ukur transparansi setiap pemerintahan sekaligus menjadi penilaian setiap SKPD termasuk dengan Balitbang Sikka wajib memberikan layanan informasi publik kepada masyarakat

Untuk itu, kata dia , Balitbang Kabupaten Sikka telah memiliki website sendiri dan juga sudah diarahkan apabila melakukan aktivitas kegiatan harus menyampaikan kepada publik melalui website Balitbang atau kepada media lainnya

"Jadi untuk meningkatkan kapasitas sumberdaya, kita menggelar pelatihan jurnalistik. Khususnya teknik penulisan berita online. Jadi kita datangkan narasumber dari pekerja media untuk memberikan ilmu tentang masalah tersebut. Pesertanya seluruh pegawai Balitbang Kabupaten Sikka yang mengikuti kegiatan ini," papar Peter.

Selain teknik penulisan berita online, ungkap dia para peserta juga diberikan materi tentang publik speaking dengan tujuan meningkatkan kapasitas.

Ia pun berharap dari pelatihan ini, seluruh peserta dapat mengoptimalkan website dengan menyajikan informasi-informasi kegiatan Balitbang demi menunjang keterbukaan informasi publik kepada masyarakat

"Kita harapkan dari pelatihan ini para peserta langsung eksen dan mempraktekkan materi yang sudah didapat. Poin penting mereka bisa menulis berita dengan gaya bahasa jurnalistik sehingga bisa dipublish di website Balitbang atau sampaikan kepada media lainnya," harapnya.

Sementara itu, Gabriel Langga yang juga Ketua SMSI Kabupaten Sikka memaparkan dalam penulisan berita online yakni tentang pengertian berita, nilai berita, unsur-unsur dalam berita serta penulisan berita dengan sistem Piramida terbalik antara lain membuat judul berita, lead berita, isi berita dan informasi tambahan.

Usai pemberian materi jurnalistik, banyak pertanyaan yang diajukan oleh para peserta kepada narasumber. Antusiasme ini menunjukkan bahwa pelatihan jurnalistik sangat diminati oleh para pegawai Balitbang hingga waktu yang membatasinya. (OL-13)

Baca Juga: Peringati Hari Guru, Guru dan Pengurus OSIS di Lembata Belajar ...

BERITA TERKAIT